Roger Federer Kantongi Gelar Kesepuluh Di Halle

Penulis: Dian Megane
Senin 24 Jun 2019, 04:40 WIB
Roger Federer Kantongi Gelar Kesepuluh Di Halle

Roger Federer berpose dengan gelar ke-102 dalam kariernya

Berita Tenis: Roger Federer mencetak sejarah di Halle usai mengalahkan David Goffin dengan 7-6, 6-1 yang mengantarkan Federer memenangkan gelar kesepuluh Halle Open (Noventi Open).

Untuk kali pertama dalam kariernya, Federer memenangkan 10 gelar dalam satu turnamen, bergabung dengan Rafael Nadal sebagai petenis putra di Open Era yang meraih prestasi tersebut.

“Ini sungguh mengagumkan. Untuk beberapa alasan, saya pikir saya tidak akan bisa melakukannya lagi. Saya tidak banyak memikirkannya. Saya hanya memikirkan satu pertandingan demi pertandingan lainnya, karena babak kedua dan perempatfinal cukup menyulitkan sehingga saya tidak pernah benar-benar memikirkan bagaimana rasanya jika saya menang dan sekarang hal itu menjadi nyata,” jelas Federer.

“Untuk kali pertama saya bisa memenangkan 10 kali dalam satu turnamen. Jadi, hal ini pastinya momen yang sangat istimewa dalam karier saya.”

Gelar di Halle kali ini menjadi gelar ke-102 Federer dan ia terpaut tujuh gelar dengan rekor Jimmy Connor yang telah memenangkan 109 gelar. Gelar kali ini juga menjadi gelar ke-19 Federer dari turnamen grass-court.

Hanya empat petenis aktif yang setidaknya telah memenangkan 19 gelar turnamen grass-court. Federer juga menjadi juara tertua sejak petenis berusia 43 tahun, Ken Rosewall yang menjadi juara di Hong Kong tahun 1977. Kemenangan tersebut juga memberikan momentum bagi Federer yang mengincar gelar Wimbledon kesembilan dalamkariernya.

Gelar kesepuluh di Halle tidak datang dengan mudah. Federer harus berjuang melalui dua laga tiga set dari tiga pertandingan pertamanya di Halle musim ini. Dan Goffin, yang hanya memenangkan satu dari delapan pertemuan sebelumnya melawan petenis unggulan pertama, Federer, telah memperlihatkan kemampuannya untuk mengalahkan Federer di turnamen besar ketika mereka bertemu di semifinal ATP Finals musim 2017. Tetapi kali ini, Goffin masih belum menemukan jawaban untuk mengatasi permainan mumpuni Federer.

Sekarang, Federer mencatatkan 68-7 di Halle dan ke-68 kemenangan tersebut menjadi jumlah kemenangan terbanyak yang ia menangkan dalam satu turnamen, di belakang kemenangan yang diraihnya di rumahnya sendiri, Basel dengan memenangkan 71 pertandingan. Dari 17 lawatannya ke Halle, Federer tidak pernah gagal melenggang setidaknya sampai ke perempatfinal.

Federer berhak membawa pulang hadiah uang sebesar 429.955 Euro dan 500 poin, sementara Goffin menerima hadiah uang senesar 215.940 Euro dan 300 poin.

Artikel Tag: Tenis, Halle Open, Roger Federer, David Goffin

1160  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini