Respon Pihak Australian Open Terkait Petenis Yunani Yang Positif COVID-19

Penulis: Dian Megane
Minggu 14 Feb 2021, 10:47 WIB
Michail Pervolarakis [kiri] tak berkompetisi di Australian Open 2021

Michail Pervolarakis [kiri] dan Stefanos Tsitsipas [kanan] ketika tampil di ATP Cup 2021

Berita Tenis: Direktur turnamen Australian Open, Craig Tiley menyatakan bahwa Grand Slam tersebut akan tetap berjalan sesuai rencana meski berita Michail Pervolarakis yang positif COVID-19 cukup mengguncang Melbourne Park.

Hal tersebut memunculkan pertanyaan terkait gelembung keselamatan Australian Open setelah petenis berkebangsaan Yunani, Pervolarakis mengumumkan bahwa ia positif terinfeksi COVID-19 pada hari Sabtu (13/2).

Petenis peringkat 463 dunia melakoni dua laga di ATP Cup untuk membela Yunani bersama Stefanos Tsitsipas di Melbourne Park sebelum meninggalkan negara kangguru tersebut pada hari Selasa (9/2).

Petenis berusia 24 tahun tidak berpartisipasi di Australian Open sebelum terbang ke Afrika Selatan dan sempat transit di Doha. Ia dinyatakan positif COVID-19 ketika mendarat di Afrika Selatan.

Berita baik bagi pihak penyelenggara Australian Open adalah bahwa ia menyerahkan hasil tes negatif sebelum meninggalkan Victoria. Tetapi menurut The Herald Sun, Pervolarakis keluar dari Melbourne Airport pada hari yang sama ketika seorang pekerja di Brunetti Cafe yang berada di Terminal 4 terbukti positif terpapar COVID-19.

Kafe tersebut pun terdaftar sebagai tempat paparan tingkat 1. Muncul kekhawatiran bahwa ada pihak lain yang terinfeksi virus tersebut di bandara, tetapi 11 dari 12 staf kafe tersebut diberitakan menyerahkan hasil tes negatif.

Tennis Australia mewaspadai hasil tes positif Pervolarakis, tetapi mereka yakin bahwa gelembung keselamatan di Melbourne Park belum dilanggar. Di fase saat ini, Grand Slam pertama musim 2021 akan tetap digelar sesuai rencana dengan tanpa kehadiran penonton setelah pihak pemerintah Victoria kembali memberlakukan masa lockdown.

“Kami diberitahu olehnya tentang kondisi terbarunya dan kini kami menyerahkan semuanya kepada pihak kesehatan. Kami telah memberi mereka semua informasi,” ungkap Tiley.

“Meskipun ada kaitan dengan fakta bahwa ia pergi dari sini pada tanggal 9 Februari, lima hari lalu, semuanya akan benar-benar diserahkan kepada pihak kesehatan, seperti yang kami lakukan setiap harinya.”

“Kami hanya menyediakan informasi, lalu mereka akan memberikan saran dan mengambil keputusan. Berita baik bagi kami adalah ia mendapatkan tes negatif lalu ia pergi, sebelum ia dinyatakan positif.”

Tiley juga tidak melihat ada hubungan antara Pervolarakis dan Tsitsipas yang sampai saat ini masih berkompetisi di Australian Open.

“Saran medis yang kita dapat adalah hal yang paling penting dan ia mendapatkan hasil negatif, lalu pergi meninggalkan negara ini,” tambah Tiley.

Artikel Tag: Tenis, australian open, ATP Cup, Michail Pervolarakis

1078  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini