Iga Swiatek Terpilih Jadi WTA Player of the Year

Penulis: Dian Megane
Rabu 14 Des 2022, 17:08 WIB
Iga Swiatek didapuk jadi WTA Player of the Year

Iga Swiatek di US Open 2022

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Polandia, Iga Swiatek menikmati musim 2022 yang penuh kesuksesan, salah satu hal yang membuat dirinya menjadi WTA Player of the Year.

Petenis peringkat 1 dunia, Swiatek musim ini memenangkan delapan gelar, termasuk enam gelar ia menangkan secara beruntun, yang terdiri dari dua gelar Grand Slam (French Open dan US Open), empat turnamen WTA level 1000 (Doha, Indian Wells, Miami, dan Roma), dan dua gelar turnamen WTA level 500 (Stuttgart dan San Diego).

Swiatek yang kini telah mengantongi tiga gelar Grand Slam, memenangkan 67 pertandingan pada musim ini, termasuk 37 kemenangan beruntun pada periode Februari sampai Juni.

Barbora Krejcikova dan Katerina Siniakova mendapatkan penghargaan sebagai Doubles Tem of the Year untuk kali kedua secara beruntun. Musim ini, tim Ceko berhasil memenangkan tiga gelar Grand Slam nomor ganda di Australian Open, Wimbledon, dan US Open, serta menjadi runner up WTA Finals d Fort Worth, Texas.

Berkat kemenangan di US Open, mereka mengamankan Career Grand Slam (memenangkan keempat Grand Slam) dan menjadi tim kedua dalam sejarah dunia tenis putri yang berhasil menorehkan pencapaian tersebut.

Sementara Beatriz Haddad Maia menjadi petenis berkebangsaan Brazil pertama yang memenangkan WTA Player Award sejak musim 1977. Ia menjadi petenis putri pertama yang memenangkan turnamen WTA level 250 di Nottingham dan Birmingham yang digelar di grass-court, serta lolos ke semifinal di Eastbourne. Ia menembus peringkat 20 besar untuk kali pertama setelah lolos ke final turnamen WTA level 1000 pertama dalam kariernya di Toronto. Sampai saat ini, ia menghuni peringkat tertinggi dalam kariernya di perignkat 15 dunia.

Zheng Qinwen dari Cina naik sebanyak 100 peringkat dan menembus peringkat 25 besar pada akhir musim 2022. Ia melenggang ke final turnamen WTA pertama di Tokyo, turnamen WTA level 500, semifinal di Melbourne Summer Set 1, perempatfinal turnamen WTA level 1000 di Toronto, dan babak keempat French Open. Ia menjadi petenis putri Cina kedua yang memenangkan WTA Player Award setelah Zheng Jie memenangkan Comeback Player of the Year musim 2008.

Tatjana Maria memenangkan Comeback of the Year Award. Petenis berkebangsaan Jerman melahirkan anak kedua pada tahun 2021 dan kembali beraksi musim ini yang dihiasi dengan memenangkan gelar kedua dalam kariernya sekaligus gelar pertama sejak musim 2018 di Bogota sebagai qualifier. Musim ini, ia lolos ke semifinal Grand Slam pertama dalam kariernya di Wimbledon.

Ons Jabeur memenangkan Karen Krantzke Sportmanship Award untuk kali pertama dalam kariernya. Petenis berkebangsaan Tunisia dipilih para petenis untuk memperlihatkan perilaku sosok atlet profesional yang terpuji dan mematuhi aturan permainan yang adil.

Sementara Maria Sakkari menerima Jerry Diamond ACES Award untuk mempromosikan tenis nomor putri kepada penggemar, media, dan komunitas lokal dengan melakoni aktivitas promosi di luar lapangan.  

Artikel Tag: Tenis, Iga Swiatek

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/iga-swiatek-terpilih-jadi-wta-player-of-the-year
667  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini