Hasil US Open: Dominic Thiem Tembus Semifinal Pertama Di New York

Penulis: Dian Megane
Kamis 10 Sep 2020, 11:09 WIB
Dominic Thiem buat Alex De Minaur bertekuk lutut di US Open 2020

Dominic Thiem [kiri] dan Alex De Minaur [kanan] usai lakoni laga perempatfinal US Open 2020

Berita Tenis: Dominic Thiem mencatatkan sejarah di Arthur Ashe Stadium ketika mengalahkan Alex De Minaur di perempatfinal US Open musim 2020.

Petenis unggulan kedua, Thiem menjadi petenis Austria pertama yang melaju ke semifinal US Open dengan kemenangan meyakinkan 6-1, 6-2, 6-4 atas petenis unggulan ke-21, De Minaur. Kemenangan tersebut menjadi kemenangan kedua bintang tenis Austria tersebut atas de Minaur di New York, setelah ia juga mengalahkannya di babak pertama US Open musim 2017.

Harapan petenis berusia 21 tahun, De Minaur untuk menjadi petenis putra termuda yang lolos ke semifinal Grand Slam di Flushing Meadows, New York sejak Juan Martin del Potro musim 2009, pun pupus sudah.

“Saya merasa begitu luar biasa dari awal pertandingan,” seru runner up Grand Slam di Melbourne musim ini, Thiem.

“Tidak ada Roger, Rafa, dan Novak, tetapi masih ada Daniil, Sascha, dan Pablo sekarang. Mereka adalah tiga petenis yang mengagumkan. Salah satu dari kami layak untuk memenangkan gelar Grand Slam pertama kami. Kami semua akan mengerahkan semua kemampuan.”

Mengawali pertandingan, petenis berkebangsaan Australia langsung mendapatkan masalah. Setelah hujan memaksa atap stadion untuk ditutup, Thiem mematahkan petenis negeri kangguru tersebut demi keunggulan 3-1 dan 5-1 sebelum memenangkan set pertama setelah 40 menit.

Memasuki set kedua, petenis unggulan ke-21 tampil lebih kompetitif setelah berhasil menyamai kedudukan 2-2. Tetapi dari kedudukan tersebut, Thiem tidak terbendung dan menyambar empat game terakhir.

Petenis peringkat 3 dunia membuka set ketiga dengan service break keenamnya di pertandingan tersebut. Tidak seperti dua set sebelumnya, kali ini petenis berkebangsaan Australia memperlihatkan sisi kompetitifnya, tetapi hal tersebut tidak cukup kuat untuk menahan laju petenis peringkat 3 dunia menuju semifinal.

Dengan kekalahan tersebut, petenis unggulan ke-21 yang tampil untuk kali pertama di perempatfinal Grand Slam, masih belum bisa memetik kemenangan perdana atas petenis peringkat 5 dunia.

Secara keseluruhan, bintang tenis Austria menyelesaikan pertandingan dengan memenangkan 83 persen poin dari servis pertamanya dan menghasilkan 43 winner dengan melakukan 31 unforced error pada laga yang berakhir setelah 2 jam 4 menit.

Salah satu yang pasti, akan ada juara Grand Slam baru di nomor tunggal putra sejak Marin Cilic memenangkan US Open musim 2014. Runner up di tiga Grand Slam, Thiem berpeluang untuk menjadi petenis tersebut. Tetapi jalan petenis berusia 26 tahun menuju pencapaian tersebut cukup terjal yang diawali dengan harus bertanding melawan petenis unggulan ketiga sekaligus runner up musim lalu, Daniil Medvedev di semifinal.

Sampai saat ini, Thiem unggul atas Medvedev dengan 2-1, tetapi petenis berkebangsaan Rusia tersebut memenangkan pertemuan terakhir mereka di Montreal musim lalu.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Dominic Thiem, Alexander De Minaur

1002  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini