Hasil US Open: Daniil Medvedev Bungkam Novak Djokovic Demi Gelar Pertama

Penulis: Dian Megane
Senin 13 Sep 2021, 09:43 WIB
Daniil Medvedev bawa pulang gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open 2021

Daniil Medvedev [kanan] dan Novak Djokovic [kiri] usai lakoni final US Open 2021

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Petenis berkebangsaan Rusia, Daniil Medvedev menorehkan sejarah setelah berhasil memenangkan gelar Grand Slam pertama dalam kariernya di US Open musim 2021.

Petenis unggulan kedua memetik kemenangan impresif 6-4, 6-4, 6-4 atas Novak Djokovic di final US Open musim 2021, sehingga memupuskan harapan petenis peringkat 1 dunia untuk menyapu bersih gelar Grand Slam musim 2021.

Petenis berkebangsaan Serbia mengincar untuk menjadi petenis putra pertama sejak Rod Laver pada musim 1969 yang memenangkan keempat gelar Grand Slam dalam satu musim serta mematahkan rekor Roger Federer dan Rafael Nadal sebagai petenis dengan gelar Grand Slam terbanyak (masing-masing telah mengantongi 20 gelar). Tetapi petenis peringkat 2 dunia tetap tenang dan sabar demi menjadi petenis putra Rusia ketiga yang memenangkan turnamen bergengsi tersebut setelah Yevgeny Kafelnikov dan Marat Safin.

“Pertama-tama saya ingin meminta maaf kepada Novan dan penggemarnya. Kita semua tahu apa yang ia kejar di laga kali ini,” ungkap Medvedev pada upacara penyerahan trofi.

“Saya tidak pernah mengatakan ini kepada siapapun, tetapi saya akan mengatakannya saat ini. Bagi saya, kau adalah petenis terhebat dalam sejarah.”

Setelah kemenangan di semifinal melawan Felix Auger Aliassime, petenis berkebangsaan Rusia berjanji untuk berjuang sekuat tenaga melawan Djokovic di final dan ia tampil sesuai dengan yang dijanjikan.

Petenis unggulan pertama tampak frustasi di sepanjang laga yang ia deskripsikan sebagai salah satu laga paling penting dalam kariernya, setelah ia menyia-nyiakan peluang break point di set kedua, bahkan hal tersebut membuatnya membanting-bantingkan raketnya. Setelah itu, ia tidak pernah bisa bangkit.

Petenis peringkat 2 dunia maju ke final Grand Slam pertama dalam kariernya dua musim lalu di US Open. Pada kesempatan tersebut, ia menelan kekalahan pahit lima set melawan Nadal. Tetapi kali ini, ia tampak mengontrol pertandingan dari game pertama dan mengklaim kemenangan terbesar dalam kariernya setelah 2 jam 15 menit.

Petenis berusia 25 tahun melakukan pelanggaran ganda pada peluang match point pertamanya ketika kedudukan menunjukkan 5-2 di set ketiga, situasi yang dimanfaatkan Djokovic untuk membalikkan keadaan.

Medvedev kembali melakukan pelanggaran ganda pada peluang match point berikutnya. Tetapi petenis yang telah mengklaim 13 gelar akhirnya mengkonversi peluang match point berikutnya setelah pengembalian backhand Djokovic menyangkut di net.

Dari 28 laga di Grand Slam musim ini, petenis peringkat 1 dunia kecolongan set pertama sebanyak 11 kali, termasuk lima laga secara beruntun dari babak ketiga US Open. Tetapi kali ini, ia tidak mampu memperlihatkan keajaiban untuk bangkit dan menyelesaikan pencapaian yang bersejarah.

Juara di Toronto beberapa pekan lalu, Medvedev kini telah memenangkan 15 dari 16 pertandingan terakhir yang ia lakoni dan ia hanya kehilangan satu set dalam perjalanan memenangkan gelar US Open musim ini.

Artikel Tag: Tenis, US Open, Daniil Medvedev, Novak Djokovic

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-us-open-daniil-medvedev-bungkam-novak-djokovic-demi-gelar-pertama
504  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini