Hasil French Open: Roger Federer Selamat Dari Amukan Dominik Koepfer

Penulis: Dian Megane
Minggu 06 Jun 2021, 11:47 WIB
Roger Federer melenggang ke babak keempat French Open 2021

Roger Federer bermain habis-habisan di babak ketiga French Open 2021

Berita Tenis: Ketika waktu hampir mendekati jam 1 dini hari (6/6) waktu setempat, Roger Federer menyegel satu tempat di babak keempat French Open musim 2021.

Petenis unggulan kedelapan berada dalam bahaya ketika petenis berkebangsaan Jerman merebut set kedua dan unggul 4-2 di set ketiga. Ia membutuhkan waktu 3 jam 39 menit, termasuk melakoni tiga babak tiebreak sengit, untuk mengambil alih kontrol pertandingan dan memenangkan pertandingan dengan 7-6, 6-7, 7-6, 7-5 di Lapangan Philippe Chatrier tanpa dihadiri para penonton karena pemberlakuan jam malam di Paris.

“Saya tidak yakin setelah set kedua berapa banyak energi yang masih tersisa dalam diri saya, jadi, itu pertandingan yang cukup apik,” ungkap Federer.

“Saya pikir kemenangan itu sangat penting bagi saya. Saya tentunya tidak berlatih selama 3 jam 35 menit. Tetapi pertandingan kali ini saya pikir langkah besar bagi tim dan kami semua.”

Berkat kemenangan epik atas Koepfer, kini petenis berkebangsaan Swiss melaju ke babak keempat Grand Slam untuk kali ke-68 dalam kariernya dan semakin mengukuhkan statusnya sebagai petenis dengan penampilan terbanyak di babak keempat Grand Slam. Di posisi kedua diisi oleh Novak Djokovic dengan 54 kali dan Rafael Nadal di posisi ketiga dengan 50 kali.

Koepfer yang sebelumnya bersumpah akan berjuang habis-habisan melawan mantan petenis peringkat 1 dunia pada pertemuan pertama melawannya, melakukan hal tersebut di set pertama yang bertahan selama 64 menit. Tetapi dengan pengalaman segudang, petenis unggulan kedelapan tampil bersinar di momen-momen penentu sebelum mengkonversi peluang set point ketiga di babak tiebreak set pertama.

Federer membuka set kedua dengan 2-0, tetapi Koepfer tidak menyerah hingga kedudukan imbang 4-4. Memasuki babak tiebreak untuk kali kedua, petenis unggulan kedelapan malah melakukan lebih banyak unforced error, situasi yang dimanfaatkan petenis berkebangsaan Jerman dengan baik untuk merebut set kedua.

Namun ketenangan Koepfer terusik di set ketiga setelah ia kesulitan untuk menemukan ritme servis pertamanya dan petenis berkebangsaan Swiss tampil agresif dengan pengembalian. Babak tiebreak lagi-lagi harus menjadi penentu kemenangan yang kali ini berhasil dimenangkan petenis berkebangsaan Swiss.

Petenis berusia 39 tahun menemukan level permainan lain di set keempat setelah petenis peringkat 59 dunia kembali mengancam untuk mengirimkan mereka ke babak tiebreak keempat. Tetapi petenis unggulan kedelapan mengklaim break penentu pada kedudukan 6-5 dan menyegel satu tempat di babak keempat French Open setelah 3 jam 39 menit.

“Bagi saya melakoni sesi malam tentu tidak mudah. Ada banyak hal pertama bagi saya. bermain melawan Koepfer untuk kali pertama pada sesi malam di Paris, pertama kali tanpa penggemar untuk waktu yang cukup lama. Itu pastinya sangat unik dan saya senang saya menemukan solusi,” tukas Federer.

Federer selanjutnya akan berhadapan dengan petenis unggulan kesembilan, Matteo Berrettini. Petenis berkebangsaan Italia, Berrettini mengalahkan Soonwoo Kwon dengan 7-6, 6-3, 6-4 demi melenggang ke babak keempat French Open untuk kali pertama dalam kariernya.

Sampai saat ini Federer unggul atas Berrettini dengan 2-0 setelah memenangkan kedua pertemuan mereka pada musim 2019 di Wimbledon dan ATP Finals.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Roger Federer, Dominik Koepfer, Matteo Berrettini

608  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini