Hasil French Open: Kehilangan Set Pertama Tak Hentikan Kiki Bertens

Penulis: Dian Megane
Selasa 29 Sep 2020, 07:24 WIB
Kiki Bertens kehilangan satu set sebelum mengklaim kemenangan pertama di French Open 2020

Kiki Bertens tak berhenti berjuang demi melenggang ke babak kedua French Open 2020

Berita Tenis: Kiki Bertens bertahan dari laga sengit sebelum melaju ke babak kedua French Open dengan kemenangan 2-6, 6-2, 6-0 atas Katarina Zavatska.

Mencari kemenangan pertama sejak turnamen WTA ditangguhkan akibat pandemi COVID-19, petenis unggulan kelima harus kecolongan set pertama melawan petenis yang tampil dengan performa memukau.

Setelah itu, semifinalis French Open musim 2016 meningkatkan level permainan dan menyerang servis petenis berusia 20 tahun, Zavatska pada laga yang bertahan selama 2 jam 7 menit.

“Itu pertandingan yang benar-benar sengit. Ia mengawali pertandingan dengan benar-benar baik dan saya sedikit terburu-buru. Sangat sulit untuk bermain dengan agresif di sini dan menghasilkan winner. Di set kedua dan ketiga, saya lebih banyak bersabar,” jelas Bertens.

“Sungguh sulit untuk bergerak. Kaki saya tidak bergerak dengan sebaik itu di set pertama.”

Debut Zavatska di Grand Slam terjadi di US Open bulan lalu, tetapi tidak ada tanda-tanda kurang pengalaman atau ketegangan dari dirinya di set pertama. Sebaliknya, ia bermain dengan level tinggi. Ia agresif dengan rencana permainannya dan mengeksekusinya dengan baik ketika ia memperlihatkan sentuhan cantik di area net.

Sebaliknya, petenis berkebangsaan Belanda berusaha keras demi menemukan level terbaik. Ia melakukan 19 unforced error di set pembuka dengan hanya menghasilkan 11 winner. Sementara servis yang biasa ia andalkan tidak memperlihatkan taji seperti biasanya dalam kondisi dingin yang menyelimuti Roland Garros.

Berkat kerja keras di area net, Zavatska mendominasi set pertama dan membangun momentum yang meyakinkan.

Meski begitu, petenis unggulan kelima memperlihatkan kelasnya di akhir set pembuka dengan mengamankan enam peluang set point sebelum akhirnya harus merelakan set pertama menjadi milik Zavatska.

Namun setelah itu, momentum berganti. Servis petenis berkebangsaan Ukraina menjadi target petenis peringkat 8 dunia yang mulai bermain dengan lebih konsisten, termasuk mematahkan servis lawan dalam empat kesempatan di set kedua. Meski kemampuan terbaik belum sepenuhnya terlihat, ia berhasil menyamakan satu set sama.

Kepastian yang petenis berkebangsaan Ukraina perlihatkan pada 45 menit pertama kini memudar dan hal tersebut berlanjut setelah sentuhannya di area net juga menghilang di set penentu.

Sementara petenis unggulan kelima tampak stabil dengan ritme permainan dan lebih mengambil inisiatif seiring dengan berjalannya pertandingan. Pengembaliannya bisa diandalkan dan di set penentu ia hanya kehilangan empat poin ketika Zavatska servis. Ia juga tidak menghadapi kendala untuk menutup pertandingan.

Menantikan Bertens di babak kedua French Open adalah petenis berkebangsaan Italia, Sara Errani yang menghancurkan Monica Puig dengan hasil telak 6-2, 6-1.

Jika Bertens berhasil melalui tantangan Errani, ia akan berpeluang menghadapi Anastasia Pavlyuchenkova atau Katerina Siniakova di babak ketiga. Pavlyuchenkova melaju ke babak kedua dengan kemenangan 6-1, 2-6, 6-1 atas rekan senegaranya, Svetlana Kuznetsova, sedangkan Siniakova mengalahkan Lauren Davis dengan 7-6, 6-2.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Kiki Bertens, Katarina Zavatska

986  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini