Hasil French Open: Anastasia Pavlyuchenkova Kembali Ke Perempatfinal

Penulis: Dian Megane
Minggu 04 Jun 2023, 23:04 WIB
Hasil French Open: Anastasia Pavlyuchenkova Hadang Karolina Muchova Di Perempatfinal

Anastasia Pavlyuchenkova

Ligaolahraga.com -

Berita Tenis: Anastasia Pavlyuchenkova bangkit setelah kecolongan set pertama dan tertinggal dengan peluang break di babak keempat French Open musim 2023 di Roland Garros.

Petenis berusia 31 tahun berjuang selama 3 jam 9 menit demi menumbangkan petenis unggulan ke-28, Elise mertens dengan 3-6, 7-6, 6-3 sehingga ia berhak melenggang ke perempatfinal French Open. Pertandingan tersebut sejauh ini menjadi pertandingan nomor tunggal putri terpanjang kedua di Roland Garros musim 2023.

Kemenangan tersebut menempatkan runner up musim 2021 ke perempatfinal Grand Slam kedelapan dalam kariernya sekaligus perempatfinal ketiga di French Open. Saat ini menghuni peringkat 333 dunia dan dalam perjalanan kembali bangkit usai mengalami cedera lutut yang memaksanya absen di sebagian besar musim 2022, petenis berusia 31 tahun menjadi petenis dengan peringkat terendah yang maju ke perempatfinal di Roland Garros.

Hanya lima petenis yang lolos ke perempatfinal Grand Slam manapun di Open Era ketika menghuni peringkat lebih rendah, yakni Martina Hingis (peringkat 349 dunia di Australian Open 2006), Kaia Kanepi (peringkat 451 dunia di US Open 2017), Kim Clijsters (tidak berperingkat di US Open 2009), Justine Henin (tidak berperingkat di Australian Open 2010), dan Tsvetana Pironkova (tidak berperingkat di US Open 2009).

Pavlyuchenkova yang membutuhkan waktu 3 jam 6 menit untuk melumpuhkan petenis unggulan ke-15 sekaligus rekan senegaranya, Liudmila Samsonova di babak kedua, kini telah memenangkan dua dari tiga laga nomor tunggal putri terpanjang di Roland Garros sampai sejauh ini. Hanya Leolia Jeanjean yang membutuhkan waktu lebih lama, yakni 3 jam 10 menit ketika mengalahkan Kimberly Birrell di babak pertama.

Setelah kedua petenis masing-masing mengklaim kemenangan di dua set pertama, petenis berusia 31 tahun menyambar keunggulan 5-1 di set penentu. Mengerahkan usaha terakhir, petenis berkebangsaan Belgia, Mertens mengamankan tiga peluang match point dan mematahkan petenis berusia 31 tahun.

Namun usaha tersebut sudah terlalu terlambat. Pavlyuchenkova menyerang dengan tiga backhand winner mematikan untuk mematahkan Mertens lagi sebelum mengkonversi peluang match point kelima.

Demi satu tempat di semifinal French Open kedua dalam kariernya, Pavlyuchenkova akan menantang petenis berkebangsaan Ceko, Karolina Muchova yang mengakhiri perjalanan Elina Avanesyan dengan 6-4, 6-3 setelah 1 jam 37 menit.

Muchova merupakan semifinalis Australian Open musim 2021 dan lolos ke perempatfinal Wimbledon dalam dua kesempatan, termasuk pada musim 2021 ketika ia mengalahkan Pavlyuchenkova dengan dua set langsung di babak ketiga. Tetapi petenis berusia 31 tahun unggul dalam head to head mereka dengan 2-1 dan ia memenangkan pertemuan satu-satunya mereka sampai saat ini di turnamen clay-court empat musim lalu di Madrid.

Artikel Tag: Tenis, French Open, Anastasia Pavlyuchenkova, Elise Mertens, Karolina Muchova

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/tenis/hasil-french-open-anastasia-pavlyuchenkova-kembali-ke-perempatfinal
599  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini