Hasil Australian Open: Atasi Fritz, Djokovic Terhindar Dari Kekalahan Pahit

Penulis: Dian Megane
Jumat 12 Feb 2021, 22:25 WIB
Novak Djokovic masih berpeluang cetak hat-trick di Australian Open

Novak Djokovic luapkan kegembiraannya usai selamat dari kekalahan lima set melawan Taylor Fritz di Australian Open 2021

Berita Tenis: Novak Djokovic harus mengatasi Taylor Fritz dan cedera abdominal pada hari Jum’at (12/2) waktu setempat demi melaju ke babak keempat Australian Open untuk kali ke-14.

Petenis peringkat 1 dunia menghadapi ujian menantang di dua set pertama, tetapi setelah tergelincir di lapangan pada game ketiga set ketiga, ia berhasil mengatasi, baik rasa sakitnya mau pun petenis unggulan ke-27, Fritz demi merebut kemenangan 7-6, 6-4, 3-6, 4-6, 6-2.

Setelah kecolongan set ketiga dan keempat tanpa melalui deuce, juara Australian Open dalam dua musim terakhir mendapatkan peluang break secara beruntun di set penentu demi mengklaim kemenangan ke-78 di Melbourne Park (78-8) setelah 3 jam 25 menit.

“Ini pastinya menjadi salah satu kemenangan paling istimewa dalam kehidupan saya,”aku Djokovic.

“Tidak masalah ini babak berapa mau pun melawan siapa. Di bawah situasi seperti itu, bisa melalui laga sengit seperti itu pastinya akan menjadi sesuatu yang akan saya ingat selamanya.”

Berkat kemenangan tersebut, bintang tenis Serbia masih bisa berburu untuk mengklaim gelar Australian Open kesembilan dalam kariernya. Petenis yang telah mengantongi 17 gelar Grand Slam mengincar untuk bergabung dengan juara 13 kali di French Open, Rafael Nadal sebagai petenis putra kedua yang memenangkan sembilan gelar Grand Slam atau lebih di Grand Slam yang sama.

“Saya tahu itu sobekan pada otot saya, jadi saya tidak tahu apakah saya bisa pulih dalam dua hari ke depan,” ungkap Djokovic tentang cedera yang dialaminya.

“Saya tidak tahu apakah saya akan kembali ke lapangan atau tidak. Saya hanya merasa bangga dengan pencapaian malam ini (12/2).”

Ketika kehilangan set ketiga dan keempat, Djokovic menuturkan, “Di set ketiga dan keempat, saya hanya servis dan tidak bisa banyak mengembalikan bola. Saya hanya fokus dengan pukulan saya. Saya menembakkan dua servis pertama dan hal itu bekerja dengan baik.”

Setelah para penonton dipaksa meninggalkan Rod Laver Arena pada kedudukan 3-2 di set keempat dengan adanya larangan yang diterapkan pihak pemerintah negara bagian Victoria terkait COVID-19, seluruh set penentu dimainkan tanpa kehadiran penonton.

Namun hal tersebut tidak memadamkan semangat petenis unggulan pertama setelah ia membuka set penentu dengan 4-2. Dua game berikutnya, ia mengklaim kemenangan melalui peluang break keempatnya di pertandingan tersebut.

“Saya ingin memberi selamat kepada Taylor atas pertandingan yang epik,” seru Djokovic kepada Fritz.

“Saya menyesal bahwa ia kalah di pertandingan hari ini (12/2). Saya hanya ingin bertahan. Saya berharap apa pun yang terjadi pada otot abdominal saya, akan membaik, karena menuju akhir set keempat, hal itu mulai terasa membaik.”

Demi perempatfinal Australian Open, Djokovic akan menantang petenis unggulan ke-14, Milos Raonic.

Raonic tetap melangkah berkat kemenangan 7-6, 5-7, 6-2, 6-2 atas Marton Fucsovics. Ia mendaratkan 47 winner dan memenangkan 71 persen poin yang diperebutkan di area net pada laga yang bertahan selama 3 jam 13 menit.

Berkat kemenangan ketiga atas Fucsovics, Raonic kini mencatatkan 34-10 di Australian Open. Sementara melawan petenis unggulan pertama, Raonic tidak berdaya dengan catatan 0-11. Kedua petenis akan bertemu untuk kali ketiga di Australian Open setelah mereka bertemu pada musim 2015 dan 2020.

Artikel Tag: Tenis, australian open, Novak Djokovic, Taylor Fritz, Milos Raonic

730  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini