Prancis Kecam Kampanye Kotor Terhadap Olimpiade Paris 2024 dari Azerbaijan

Penulis: Hanif Rusli
Rabu 15 Nov 2023, 09:25 WIB
Berbagai situs web di Azerbaijan mencoba untuk menciptakan citra ketidakmampuan Prancis untuk menyelenggarakan Olimpiade Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Berbagai situs web di Azerbaijan mencoba untuk menciptakan citra ketidakmampuan Prancis untuk menyelenggarakan Olimpiade Paris 2024. (Foto: Inside The Games)

Ligaolahraga.com -

Prancis mengungkapkan kampanye disinformasi yang diluncurkan dari Azerbaijan, melalui situs web palsu dan media sosial, yang berusaha mendiskreditkan reputasi negara tersebut sebagai tuan rumah Olimpiade Paris 2024.

Menurut laporan dari badan eksternal Prancis yang memerangi gangguan digital, kampanye ini diluncurkan pada akhir Juli dengan seruan untuk memboikot Olimpiade Paris.

Dengan menggunakan gambar-gambar kerusuhan yang terjadi di Prancis pada akhir Juni dan awal Juli, berbagai situs web yang berbasis di Azerbaijan, yang didukung oleh profil media sosial palsu, mencoba untuk menciptakan citra ketidakmampuan Prancis untuk menyelenggarakan Olimpiade Paris 2024.

Layanan penanggulangan gangguan digital asing percaya bahwa itu adalah serangan yang ditargetkan terhadap Prancis yang dikoordinasikan dari Azerbaijan, meskipun mereka belum dapat membangun hubungan dengan pihak berwenang negara itu.

Satu-satunya hubungan adalah bahwa asal mula penyebarannya adalah profil media sosial Muxtar Nagiyev, seorang pemimpin regional dari partainya presiden, Ilham Aliyev.

Insiden ini terjadi pada saat ketegangan diplomatik antara Paris dan Baku akibat konflik perbatasan antara Azerbaijan dan Armenia.

Bagi Prancis, tidak diragukan lagi bahwa ini adalah campur tangan asing karena informasi tersebut disebarkan melalui akun-akun kosong, dengan konten yang salah atau bahkan tidak ada, yang mengaitkan kerusuhan jalanan dengan penyelenggaraan Olimpiade, dan karena bertujuan untuk mengacaukan acara tersebut, yang bertentangan dengan kepentingan Prancis.

Awalnya, informasi tersebut disebarkan oleh berbagai profil di media sosial. Layanan Prancis mendeteksi 91 akun yang, antara tanggal 26 dan 27 Juli, membuat 1.600 unggahan dengan foto-foto yang menyerukan pemboikotan Olimpiade Paris 2024.

Kemudian, sebuah video berdurasi 39 detik beredar yang mengaitkan kerusuhan dengan Olimpiade untuk menciptakan keyakinan bahwa Prancis tidak mampu menyelenggarakannya.

Akhirnya, mereka mengidentifikasi serangkaian situs web yang menyebarkan berita dari media lain dan menggemakan informasi ini, memberikan mereka kredibilitas.

Prancis akan menghubungi para pemimpin platform media sosial untuk memberi tahu mereka tentang kebohongan akun-akun ini dan juga telah memberi tahu pihak berwenang Azerbaijan melalui saluran diplomatik reguler.

Baik pemerintah Azerbaijan maupun partai kepresidenan tidak segera bersedia memberikan komentar.

Laporan tersebut menyoroti bahwa meskipun sebagian besar posting dalam bahasa Prancis, ada juga artikel dalam bahasa Inggris dan Spanyol.

Paris percaya bahwa upaya campur tangan ini tidak memiliki dampak yang signifikan, tetapi mereka percaya bahwa jika dilakukan secara lebih masif dan berulang-ulang, hal itu dapat terjadi.

Sejak awal tahun, layanan pemberantasan disinformasi Kementerian Luar Negeri Prancis telah mendeteksi sekitar sepuluh serangan terhadap Olimpiade Paris 2024, yang hanya berdampak kecil.

Artikel Tag: Olimpiade Paris 2024

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/prancis-kecam-kampanye-kotor-terhadap-olimpiade-paris-2024-dari-azerbaijan
1459  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini