Lalu Zohri Diklaim Sudah Siap Kembali Berkompetisi

Penulis: Fajar Muhammad Fajar
Senin 07 Des 2020, 23:00 WIB
Lalu Zohri Diklaim Sudah Siap Kembali Berkompetisi

Lalu Zohri via Getty Images

Berita Atletik: Lalu Zohri disebut sang pelatih, Eni Nuraini, sudah siap kembali berkompetisi, dan sedang menanti jadwal perlombaan saja.

Dilansir detiksport, Zohri memang hanya melakukan persiapan internal saja di pelatnas PASI, sejak memastikan diri lolos ke ajang Olimpiade Tokyo 2020, Mei 2019 yang lalu. Setelahnya, belum sekalipun ia turun mengikuti sebuah kejuaraan.

Zohri sempat dipersiapkan untuk berlaga di Brisbane Oceania Area Permit 2020 di Australia bulan Maret yang lalu. Akan tetapi, PB PASI memutuskan membatalkan keikutsertaan di ajang itu, seiring meningkatnya pandemi virus Corona.

Bahkan jauh sebelumnya, dua ajang yaitu Kejuaraan Asia Indoor dan Kejuaraan Dunia Indoor di China lebih dahulu dibatalkan. Padahal kedua ajang tersebut merupakan bagian persiapan untuk sang juara dunia Atletik U-18 Finlandia 2018 itu, sebelum ia tampil di Olimpiade.

Hingga akhirnya, PASI memilih langkah untuk memulangkan atlet-atletnya termasuk Zohri ke kampung halamannya masing-masing, sebab belum ada kepastian kompetisi.

Sekarang, setelah pelatnas PASI kembali dimulai sejak pertengahan Agustus lalu. Latihan Lalu Zohri sudah kembali ke performa semula. Ia tinggal diuji dalam sebuah turnamen atau perlombaan tingkat internasional.

"Latihan kami tetap menjaga kondisi mempersiapkan diri untuk kejuaraan. Memang kalender kegiatan sudah ada, cuma kami belum tahu apa bisa (bergulir) atau tidak. Tapi kami latihan tujuannya ke sana (kejuaraan)," tutur Eni Nuraini kepada detikSport dikutip dari detikSport.

Pelatih nasional lari jarak pendek itu juga mengatakan selalu mengadakan tes, time and trial. Menurutnya para atlet mengalami kemajuan, dan bisa dikatakan siap untuk berlomba tahun depan.

Selain itu menurut Eni, pihaknya sudah merencanakan agar para atlet bisa mengikuti berbagai kejuaraan pada tahun depan, khususnya untuk nomor-nomor lari jarak pendek.

"Maret itu ada kejuaraan relay, kejuaraan Asia juga, mulai Maret-April tapi untuk tanggalnya belum tahu. Kalau untuk marathon kan Februari sudah mulai," kata dia.

Lebih lanjut Eni Nuraini menjelaskan, komposisi atletnya kini sudah lengkap, terutama untuk nomor estafet putra. Sebelumnya, atlet dari Jawa Tengah Adith Rico Pradana dan Adi Ramli Siddiq terlambat bergabung karena pandemi Corona.

"Sudah komplet, ada lima atlet (Adith, Adi, Lalu Zohri, Bayu Kartanegara, dan Wahyu Setiawan). Hanya saja untuk tahun depan rencananya saya mau tambah satu, Eko Rimbawan, karena kebutuhan untuk estafet. Soalnya rencananya Zohri hanya difokuskan di nomor Olimpiade 100 meter." Pungkas Eni.

Artikel Tag: Lalu Zohri, Eni Nuraini, Olimpiade 2020 Tokyo, Atletik

791  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini