Jokowi Sebut Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036, Siapkan IKN

Penulis: Dayat Huri
Kamis 17 Nov 2022, 17:30 WIB
Presiden RI, Jokowi

Presiden RI, Jokowi/foto dok Kemenpora RI

Ligaolahraga.com -

Berita Olahraga Lain: Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia siap jadi tuan rumah pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade 2036 nanti. Dia pun menyebut bahwa Ibu Kota Nusantara (IKN) akan disiapkan sebagai lokasi pelaksanaan event empat tahunan itu.

Hal itu disampaikan Jokowi pada saat menghadiri kegiatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Pulau Bali.

"Dalam kesempatan ini, saya menyampaikan kesediaan dan kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Olympics 2036 di Ibu Kota Nusantara," katanya seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora RI.

Mantan Gubernur DKI Jakarta yang juga sebagai Ketua G20 tahun 2022 ini menekankan pentingnya olahraga. Dia mengungkapkan, selain untuk kesehatan, olahraga juga memiliki peran penting dalam mempersatukan dunia.

"Saya, sebagai Ketua G20 2022, bersama pemimpin G20 lainnya menekankan pentingnya peran olahraga untuk kesehatan dan dapat mempersatukan dunia, terutama pada saat ini," jelas Presiden.

Lebih lanjut, Jokowi memandang bahwa kesuksesan pesta olahraga multi event itu pada pelaksanaan berikutnya akan menegaskan pentingnya netralitas dalam ajang olahraga internasional.

Tercatat Olimpiade dan Paralimpiade berikutnya yaitu Olimpiade Paris 2024, Milano-Cortina untuk 2026 (musim dingin), Los Angeles untuk 2028, Brisbane untuk 2032 dan Youth Olympic Games 2024 di Gangwon (musim dingin) dan Dakar di 2026.

"(Kesuksesan Olimpiade dan Paralimpiade) akan menegaskan pentingnya netralitas politik dalam acara olahraga internasional serta otonomi organisasi olahraga," pungkas Jokowi.

Pernyataan itu kemudian disambut baik Presiden International Olympic Committee (IOC) Thomas Bach. Kesuksesan tersebut, menurut Bach adalah suatu modal yang bagus.

"Saya melihat banyak potensi untuk menggelar event yang sukses di Indonesia. Tentu juga di support dengan kesuksesan Asian Games di Indonesia yang membuat kagum bukan hanya Asia tapi juga dunia internasional," kata Bach.

Artikel Tag: jokowi, olimpiade

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/olahraga-lain/jokowi-sebut-indonesia-siap-jadi-tuan-rumah-olimpiade-2036-siapkan-ikn
1007  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini