3 Olahraga Terkenal Tapi Tidak Dipertandingkan di Asian Games 2018

Penulis: Senandung Mega
Kamis 18 Okt 2018, 18:00 WIB
3 Olahraga Terkenal Tapi Tidak Dipertandingkan di Asian Games 2018

Asian Games 2018

Dalam pergelaran ajang Asian Games 2018 yang lalu, tercatat ada 40 cabang olahraga yang dipertandingan. Indonesia sendiri patut berbangga hati karena prestasi yang diraih para atlet nasional ternyata jauh melebihi target yang diberikan, dengan finis di peringkat ke-4. Tapi tahukah anda bahwa ternyata ada 3 cabang olahraga yang terkenal di Indonesia namun tidak dipertandingan di ajang tersebut. Cabang olahraga apa sajakah itu?

1. Catur

Catur merupakan salah satu olahraga yang sangat terkenal di Indonesia. Tidak hanya para atlet saja yang memainkan permainan asah otak ini, namun banyak orang dari berbagai daerah dan usia juga ikut menikmati catur. Indonesia telah memiliki atlet catur yang sudah meraih gelar Grandmaster, dua diantaranya adalah Susanto Megantoro serta Utut Adianto. Catur termasuk dalam cabang olahraga yang dipertandingkan di Asian Games 2006, dan kembali terpilih pada Asian Games 2010. Namun semenjak Asian Games 2014, cabang olahraga yang satu ini sudah tidak dipertandingkan lagi. 

2. Biliar

Walaupun disukai banyak kalangan di Indonesia, akan tetapi biliar tidak terpilih untuk menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan di gelaran Asian Games 2018. Namun biliar ikut dipertandingkan di Asian Games edisi 1998 hingga 2010. Satu-satunya medali yang pernah di raih Indonesia di cabang ini adalah medali perunggu yang dipersembahkan oleh atlet biliar nasional, Irsal nasution, di nomor 8 bola perseorangan. Sejak Asian Games 2014, biliar sudah tidak lagi menjadi cabang olahraga yang dipertandingkan.

3. Futsal

Perkembangan cabang olahraga yang satu ini dapat dibilang cukup pesat, dan tidak pernah sepi peminat. Menilik sejarahnya, futsal memang belum pernah terpilih sebagai cabang olahraga yang dapat dipertandingkan di kompetisi selevel Olimpiade maupun Asian Games. Timnas futsal Indonesia sendiri tercatat hanya pernah mengikuti pertandingan futsal dalam ajang Asian Indoor and Martial Arts Games pada tahun 2007 dan 2013. Nampaknya cabang olahraga yang satu ini  memang masih membutuhkan waktu untuk bisa terpilih untuk dipertandingkan di ajang bergengsi.

Artikel Tag: Futsal

881  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini