Zarco Pastikan Tak Akan Tiru Gaya Balap Espargaro di Tim KTM

Penulis: Datuk Nofri
Jumat 07 Des 2018, 12:30 WIB
Zarco Pastikan Tak Akan Tiru Gaya Balap Espargaro di Tim KTM

Pebalap KTM, Johann Zarco (5) [Image: Motorsport]

Berita MotoGP: Pebalap anyar tim KTM asal Prancis Johann Zarco mengatakan optimismenya akan bisa meraih sukses di tim barunya tanpa harus meniru gaya balap rekan setimnya Pol Espargaro yang cenderung agresif.

Dalam dua sesi uji coba yang digelar bulan lalu, Zarco masih kesulitan untuk beradaptasi dalam mengendarai motor RC16. Motor tersebut memang memiliki karakteristik berbeda dibandingkan dengan motor YZR-M1 Yamaha yang dikendarainya di dua musim beruntun ketika dirinya tampil bersama tim satelit Monster Yamaha Tech 3. Akibatnya, pada sesi uji coba pertama di Valencia, Zarco hanya bisa menempati posisi ke-21 dan di Jerez, peraih 6 podium bersama tim Monster Yamaha Tech 3 itu harus puas dengan posisi ke-19. 

Meski mengaku mencatat kemajuan pada dua hari sesi uji coba yang digelar di Jerez, Zarco tetap mengeluhkan performa motor milik tim pabrikan asal Austria itu terutama ketika bergerak di area tikungan. Zarco juga merasa dirinya tak perlu untuk mencoba pendekatan yang dilakukan oleh Espargaro dalam mengendarai motornya yang lebih agresif dibanding Zarco karena ketika di Jerez, Zarco mengaku sudah bisa semakin nyaman selain juga bisa konsisten. 

“Saya harus bisa menemukan settingan terbaik karena saya tak akan mencoba mengendarai motor saya seperti yag dilakukan Espargaro. Saya bisa mencari beberapa cara lainnya walaupun adakalanya saya juga bisa agresif seperti Espargaro. Tapi yang jelas, saya tak akan meniru gaya balap Espargaro,” ujar Zarco.

“Saya tahu gaya balap saya sudah bagus karena seperti bisa disaksikan ketika saya melewati tikungan terakhir tadi, jelas saya sudah bisa konsisten,” imbuh Zarco ketika berbicara seusai dirinya beruji coba di Jerez akhir bulan lalu.

Saat itu Zarco juga menyebut bahwa ia berhasil meraih waktu lap terbaiknya yang hanya terpaut 0, 316 detik dari pebalap tercepat ketika menyelesaikan 5 lap.

“Meski saya hanya berhasil meningkatkan waktu lap saya di lap terakhir sekitar sepersepuluh detik, saya kira saya sudah semakin konstan dan bisa menemukan feeling yang lebih bagus dengan motor saya,” jelas Zarco.

“Jadi walaupun kami tidak terlalu berhasil untuk meningkatkan kecepatan motor kami, kami semakin konsisten. Ini berarti kami terus mencatat kemajuan. Memang butuh waktu,” kilah Zarco.

Artikel Tag: Johann Zarco, ktm, Pol Espargaro

1879