Wildcard Resmi Kembali Diberlakukan di MotoGP 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 28 Nov 2020, 23:35 WIB
Jorge Lorenzo, MotoGP 2021

Jorge Lorenzo, test rider Yamaha 2020.

Berita MotoGP: MotoGP telah kembali memastikan bahwa kompetisi MotoGP 2021 akan diberlakukan wildcard lagi setelah kesempatan wildcard tersebut sempat dibatalkan di MotoGP 2020.

Pandemi virus corona (Covid-19) turut berdampak pada segala hal termasuk pemberlakuan kesempatan para test rider untuk balapan sebagai wildcard.

Akibat pembatalan tersebut, para pebap penguji termasuk Jorge Lorenzo pun tak bisa menjadi wildcard dan turun menjalani balapan MotoGP. Lorenzo bahkan menjadi yang paling terdampak dari kebijakan tersebut, sebab ia jadi kehilangan kesempatan hingga terdepak sebagai test rider tim pabrikan Yamaha.

Namun kini, larangan pemakaian wildcard tersebut secara resmi telah dicabut. Di musim depan, para test rider dari tiap-tiap tim bakal kembali mendapat kesempatan untuk menjalani balapan MotoGP.

"Maksimal dua wild-card per kelas pada setiap balapan," demikian keterangan mengenai pemakaian wild-card pada MotoGP 2021 sebagaimana dikutip dari Crash.

"Akan tetapi, sama seperti wild-card di kelas Moto2 sebelumnya, pendaftaran untuk kelas Moto3 hanya akan dipertimbangkan jika pengajuannya dioperasikan oleh tim Moto3 yang sudah ada."

Berbeda dengan tim pabrikan Honda, Suzuki, Yamaha, Ducati, dan KTM, yang cuma diperbolehkan memakai tiga wild-card per musim, tim Aprillia yang merupakan tim pabrikan berkonsensi berhak mendapatkan jatah wild-card sebanyak dua kali lipat.

Jumlah enam wild-card per musim yang dikantongi Aprilia ini merupakan bagian dari paket konsesi yang diberikan MotoGP pada tahun depan.

Artikel Tag: MotoGP 2021, wildcard

1983  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini