Valentino Rossi Semprot Dorna Sport yang Langgar Peraturan Demi Marquez

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Feb 2021, 22:55 WIB
Valentino Rossi, Marc Marquez

Valentino Rossi dan Marc Marquez

Berita MotoGP: Rider Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi, tak ragu melempar sindiran kepada Dorna Sports yang dianggap rela berkompromi soal peraturan hanya demi Marc Marquez.

Meskipun hubungannya bisa dibilang masih bermusuhan dengan Marc Marquez, Valentino Rossi tidak segan untuk menunjukkan rasa prihatinnya kepada cedera parah yang tengah dialami oleh rider tim Repsol Honda tersebut.

Marquez terhitung sudah absen selama satu musim penuh sejak mengalami kecelakaan di seri perdana MotoGP 2020 di Sirkuit Jerez, Spanyol yang membuatnya mengalami cedera patah lengan kanan.

Rasa perhatian Valentino Rossi semakin terlihat lantaran menjelang bergulirnya MotoGP 2021, kala Marquez masih berjuang keras guna memulihkan kondisi fisiknya.

Kendati demikian, rider berjulukan The Doctor itu menyayangkan tindakan sembrono yang dilakukan Marquez sebelumnya. Alih-alih memulihkan kondisi fisiknya, Rider berjuluk The Baby Alien justru menunjukkan batang hidungnya pada seri kedua yang juga berlangsung di sirkuit yang sama hanya berselang empat hari usai menjalani operasi.

Pada seri MotoGP Andalusia 2020 tersebut, Marquez hanya tampil pada sesi latihan bebas ketiga saja sebelum akhirnya dia benar-benar mundur di tengah babak kualifikasi.

"Saya pikir kesalahannya adalah kembali balapan terlalu cepat setelah operasi," ujar Rossi seperti dilansir dari laman Motorsport-Total.

"Saya menyesal karena dia tidak bisa membalap, ketika dia pulih nanti dia masih akan sekuat seperti sebelumnya namun belum tahu kapan dia bisa kembali," ujar Rossi.

Kasus Marquez ini pun mengingatkan Rossi kepada momen buruk yang dialami oleh Jorge Lorenzo pada 2013 silam. Lorenzo yang kala itu menjadi tandem Rossi di Yamaha, sebelumnya pernah melakukan hal nekat saat menjalani sesi latihan bebas di Sirkuit Assen, Belanda yang berlangsung pada hari Kamis.

Akibat kecelakaan itu, Por Fuera langsung diterbangkan ke Spanyol guna mengobati cedera patah tulang selangka dan bisa tampil saat sesi balapan pada hari Minggunya.

Usaha tersebut tak sia-sia, Lorenzo mampu tampil heroik dengan finis di urutan kelima meskipun setelah kejadian itu pemangku kebijakan di MotoGP membuat regulasi ketat agar pebalap tak bisa nekat lagi.

Aksi nekat yang diulang kembali oleh Marc Marquez inilah yang membuat The Doctor merasa geram dengan Dorna Sports selaku penyelenggara MotoGP. Dorna dinilai telah melanggar peraturan yang telah mereka buat sendiri.

"Setelah comeback yang cepat dari Jorge Lorenzo di Assen musim 2013 lalu, Dorna mengenalkan aturan yang dibuat untuk mencegah risiko ekstrim," imbuh rider berusia 41 tahun tersebut.

"Kembalinya Marc Marquez (pada seri kedua) telah melanggar semua peraturan yang telah mereka buat sebelumnya," pungkas Rossi.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Marc Marquez

16766  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini