Tes Pramusim MotoGP Malaysia Semakin Dekat, Protokol Kesehatan Diperketat

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 04 Jan 2021, 23:20 WIB
Tes Pramusim MotoGP, Malaysia

Sirkuit Sepang, Malaysia

Berita MotoGP: Tes pramusim MotoGP 2021 sebentar lagi bakal dihelat di Sirkuit Sepang. Tes Malaysia yang bakal dihelat pada 19-21 Februari, masih menyimpan ancaman akibat pandemi Covid-19.

Para rider MotoGP bakal kembali turun ke lintasan sebelum memulai musim MotoGP 2021 dengan mengikuti tes pramusim di Sirkuit Sepang. Sebelum menjalani tes, para pebalap dan tim melakukan tes PCR pada saat keberangkatan dan kemudian setibanya di Kuala Lumpur.

Kemungkinan besar tes pramusim MotoGP pertama tetap akan berlangsung di Sirkuit Internasional Sepang pada Februari sesuai rencana meskipun banyak negara di Asia baru saja dilanda gelombang ketiga pandemi Covid-19.

Jepang yang menjadi markas besar dari tiga tim pabrikan MotoGP juga sangat terdampak. Namun, rombongan MotoGP bakal berangkat ke Malaysia dalam beberapa minggu.

Uji perombakan yang hanya mengizinkan para pebalap dan pebalap penguji dari tim Konsesi Aprilia, dijadwalkan pada 14- 16 Februari. Sementara itu, pengujian IRTA (Asosiasi Tim Balap Internasional) dengan semua pembalap reguler akan digelar pada 19-21 Februari.

Cal Crutchlow pun akan melakukan debutnya sebagai pebalap tes Yamaha, sementara di Aprilia ada Bradley Smith dan Lorenzo Savadori harus merekomendasikan diri mereka sendiri untuk tempat kedua di tim kerja bersama Aleix Espargaro dalam eliminasi tim internal.

Kondisi akibat pandemi ini pun memaksa MotoGP untuk mengeluarkan regulasi kesehatan yang lebih ketat dibandingkan pada musim 2020.

"Protokol pintu tertutup" yang diketahui dari tahun sebelumnya diperketat lagi. Hal ini mengingatkan pada peraturan yang diketahui dari Formula 1 di Timur Tengah dan dari reli Dakar di Arab Saudi

Setiap anggota tim diwajibkan menunjukkan tes PCR negatif sebelum keberangkatan. Setelah tiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur (KLIA), dilakukan tes PCR lagi. Hingga hasil negatif diperoleh, semua anggota tim dan pebalap harus menjalani karantina

Kemudian, tim harus tetap berada dalam gelembung. Semua tim diwajibkan untuk menyiapkan tempat tinggalnya di Hotel ‘SAMA-SAMA’. Mereka kemudian dibawa dengan shuttle bus ke lintasan balap yang jaraknya sekitar 5 km. Tidak ada yang diizinkan untuk keluar dari "gelembung" ini.

Seluruh anggota tim juga hanya diperbolehkan mengambil rute terpendek dari hotel ke paddock. Tempat umum seperti restoran, wisata belanja, dan sebagainya sangat dilarang untuk dikunjungi.

Artikel Tag: Tes Pramusim MotoGP, MotoGP 2021

779  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini