Tes Pramusim MotoGP 2021 Sepang Kantongi Izin dari Pemerintah Malaysia

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 05 Jan 2021, 23:55 WIB
Tes Pramusim MotoGP Malaysia

Marc Marquez dalam Tes Pramusim MotoGP Malaysia

Berita MotoGP: Pemerintah Malaysia memberikan ‘lampu hijau’ kepada MotoGP untuk menggelar tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang pada 14-16 dan 19-21 Februari.

Nasib tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia sempat diragukan bisa berlangsung lantaran pandemi Covid-19 yang belum mereda. Protokol kesehatan yang diterapkan Malaysia juga mengancam perhelatan tes pramusim MotoGP 2021.

Warga negara asing yang berkunjung ke Malaysia wajib menjalani karantina selama tujuh hari, itu pun jika mereka menunjukkan hasil tes PCR yang negatif. Negosiasi pun dilangsungkan demi memberikan kelonggaran bagi para personel tim serta para pebalap MotoGP yang akan menjajal motor di Sepang.

Pihak Dorna Sports selaku promotor MotoGP tak hanya berdiam diri. Pihaknya juga merencanakan sistem protokol kesehatan seperti musim lalu, bahkan lebih ketat.

Dilaporkan oleh The Race, negosiasi antara Dorna Sports, Asosiasi Tim (IRTA), Kepala Tim SRT Razlan Razali, dan Pemerintah Malaysia dikabarkan berjalan lancar.

Para tim dan pebalap hanya diperingatkan untuk melakukan isolasi dan pembatasan sosial seketat mungkin selama berada di Malaysia. Seluruh anggota paddock juga akan menginap di tempat yang sama yaitu Hotel ‘SAMA SAMA’ yang berada di dekat Bandara Internasional Kuala Lumpur dan Sirkuit Sepang.

Kesuksesan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP 2021 di Sepang tidak terlepas dari andil Razlan Razali yang juga merupakan eks CEO sirkuit tersebut

Status Razali sebagai keponakan Perdana Menteri Mahathir Mohamad memberinya keuntungan dalam menjalin jaringan dengan pemerintah Malaysia.

Tes pramusim MotoGP 2021 memang memiliki arti penting bagi Razali dan Sepang Racing Team.

Sebab, tes pramusim MotoGP 2021 memberi tim SRT—atau Petronas Yamaha SRT—kesempatan untuk melakukan peluncuran tim dengan bintang baru mereka, Valentino Rossi.

Di sisi lain, kelangsungan tes pramusim di Sepang bakal menambah reputasi baik MotoGP dalam menyelenggarakan acara di tengah pandemi. Tes pramusim di Sepang akan menjadi agenda MotoGP pertama yang berlangsung di luar Eropa sejak GP Qatar pada awal Maret 2020.

Sementara bagi para rider MotoGP, ini menjadi pertama kalinya mereka akan keluar 'kandang' setelah hanya satu musim penuh berkuat di Eropa. Terakhir kali para pebalap kelas utama mengunjungi sirkuit di luar Benua Biru adalah pada tes pramusim di Sepang pada Februari 2020.

Artikel Tag: Tes Pramusim MotoGP, MotoGP 2021

801  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini