Suzuki Beri Penilaian Soal Penggunaan Ride Height Adjuster di MotoGP 2021

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 05 Jan 2022, 09:50 WIB
Suzuki, Joan Mir

Joan Mir

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Suzuki, Ken Kawauchi, mengaku gembira karena penggunakan perangkat ride height adjuster pada motor GSX-RR telah memberikan dampak positif untuk timnya.

Suzuki diketahui melakukan start lambat dibandingkan para rivalnya, dengan baru mulai memperkenalkan perangkat ride height adjuster saat pertengahan kejuaraan MotoGP 2021, tepatnya dalam gelaran MotoGP Styria. Padahal sejak MotoGP Belanda, Joan Mir, sudah meminta pabrikan asal Hamamatsu itu untuk segera memasang alat tersebut pada motor GSX-RR.

Ride height adjuster, atau juga dikenal holesehot device, merupakan sistem yang digerakkan secara mekanis untuk menurunkan posisi motor sehingga dapat membantu saat start balapan. Tetapi saat ini peranti yang diciptakan oleh Ducati itu juga digunakan oleh seluruh pabrikan di MotoGP untuk meningkatkan akselerasi saat keluar tikungan maupun pengereman.

Bos Suzuki, Ken Kawauchi, mengaku terkejut karena perangkat ride height adjuster dapat bekerja dengan baik pada motor mereka.

“Peningkatan terbesar tidak dilakukan dengan satu hal besar, tapi banyak hal kecil. Ride height adjuster adalah sesuatu yang sangat mencolok. Namun, di balik layar, ada hal lain yang dicoba dan diuji,” tulisnya dalam blog Suzuki 2021 Winter Magazine.

“Saya merasa bahwa setiap balapan kami sedikit meningkat, yang secara keseluruhan membantu performa kami dan membawa kami ke tempat kami sekarang.”

Suzuki berhasil menutup kejuaraan MotoGP 2021 dengan menempatkan Joan Mir di peringkat ketiga (208 poin) klasemen akhir pebalap, sedangkan rekan setimnya, Alex Rins, bertengger di posisi ke-14 (99 poin).

Dalam klasemen akhir konstruktor, pabrikan asal Jepang itu menduduki peringkat ketiga, di belakang Ducati serta Yamaha. Kemudian, di klasemen tim, duet Mir-Rins membawa mereka ke peringkat ketiga, kalah dari Ducati Lenovo Team dan Monster Energy Yamaha MotoGP.

“Meski kinerja kami terkadang tidak cukup tahun ini dibandingkan dengan pabrikan lain, atau bahkan dibandingkan dengan 2020, Joan selalu memberi 100 persen dan bahkan terkadang lebih,” tutur Kawauchi.

“Dia melakukan pekerjaan yang hebat, dan dia membawakan kami beberapa podium dan saya ingin berterima kasih padanya atas kerja kerasnya. Bersama-sama kami akan mencoba mempersiapkan motor yang lebih kuat dan kami ingin menantang lagi tahun depan,” pungkasnya.

Artikel Tag: joan mir, Alex Rins, Suzuki, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/suzuki-beri-penilaian-soal-penggunaan-ride-height-adjuster-di-motogp-2021
510  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini