Rossi Kembali Kritik Keras Dorna Sports Soal Jadwal Kalender MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 03 Des 2019, 20:55 WIB
Rossi Kembali Kritik Keras Dorna Sports Soal Jadwal Kalender MotoGP

Valentino Rossi

Berita MotoGP: Pebalap Tim Yamaha, Valentino Rossi, kembali mengkritik susunan jadwal kalender MotoGP yang dirasa terlalu dipaksakan. Ia berharap Dorna Sport mau mempertimbangkan yang terbaik bagi semua pihak.

Kritikan soal jadwal kalender MotoGP juga bukan hanya diutarakan oleh Valentino Rossi, mayoritas pebalap juga menyuarakan kritik senada usai MotoGP Australia. Pada balapan yang digelar Oktober lalu tersebut, cuaca yang sangat dingin dan berangin sempat membahayakan nyawa pebalap, hal itu pun terbukti lewat kecelakaan hebat yang dialami Miguel Oliveira pada sesi latihan.

Para pebalap kembali melayangkan protes usai seri penutup dan uji coba pascamusim di Valencia digelar dalam cuaca yang sangat dingin, mengakibatkan banyak kecelakaan, terutama di MotoGP. Menurut Rossi, penyelenggaraan Valencia pada November bukan ide yang bagus.

"Penyelenggara MotoGP berasal dari Spanyol dan tertarik mengakhiri musim di Spanyol. Saya rasa inilah alasan dari kesepakatan tersebut. Jika tidak benar, maka lebih baik jangan gelar balapan terakhir di Eropa, tapi di tempat yang lebih hangat," tegas rider berusia 40 tahun tersebut.

Menurut Rossi, Seri Valencia sebaiknya digelar sebelum 'Tur Asia', yakni Jepang, Australia, dan Malaysia, karena Valencia menyajikan cuaca dingin jika terus-terusan jadi seri penutup. Ia juga menyebut Seri Valencia dalam dua tahun terakhir digelar saat Eropa telah masuk musim dingin.

"Tahun lalu, hujan turun sejak Kamis sampai Minggu. Tahun ini kering, tapi malam harinya mencapai 5 derajat. Mungkin lebih cerdas balapan di Valencia tiga seri sebelumnya, dan mengakhiri musim di Sepang dengan 40 derajat. Tapi keputusan ada di tangan Dorna," pungkasnya.

Rossi juga meminta Seri Australia di Sirkuit Phillip Island dipindahkan ke awal tahun, mengikuti jejak Seri Buriram, Thailand, yang tadinya digelar pada Oktober dipindahkan ke bulan Maret mulai musim depan.

"Masalah lainnya adalah Phillip island, karena harusnya balapan ini dipindah ke awal tahun. Kami sudah membicarakannya selama 6-7 tahun, sayangnya tak ada keputusan yang diambil," pungkas sang juara dunia sembilan kali itu.

Artikel Tag: Valentino Rossi, motogp 2020

1952  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini