Pentingnya Peran Safety Comission MotoGP

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 04 Jan 2019, 23:00 WIB
Pentingnya Peran Safety Comission MotoGP

Keselamatan adalah hal terpenting dalam balapan MotoGP.

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Safety Commission atau Komite Keselamatan MotoGP merupakan bagian paling penting dalam ajang balap MotoGP. Keberadaann komite ini bahkan dianggap memberi banyak manfaat terutama dalam hal keselamatan para rider.

Safety Commission yang telah dibentuk sejak 16 tahun silam ini bertujuan untuk membahas isu-su penting demi meningkatkan keselamatan para pebalap saat melaju di lintasan.

Komite ini tercetus usai Daijiro Kato meninggal dunia akibat kecelakaan parah pada seri pembuka MotoGP 2003 di Sirkuit Suzuka, Jepang. Insiden ini menjadi pukulan telak bagi para rider, mereka merasa tergugah untuk mencegah hal serupa terjadi di masa depan, tak hanya di Suzuka, namun juga di sirkuit-sirkuit lainnya.

"Sayangnya, ketika Daijiro tiada akibat kecelakaan di Sirkuit Suzuka, kami baru menyadari tingkat keselamatan merupakan hal terpenting sejak awal. Tapi sejak itu, tingkat keselamatan menjadi prioritas utama yang makin tinggi. Komite ini terlahir berkat inisiatif para pebalap. Komite ini juga merupakan jantung MotoGP," ujar CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta dilansir dari MotoGP.com.

Sejak saat itu, para pebalap MotoGP dan perwakilan Federasi Balap Motor Internasional (FIM) serta pihak yang berkepentingan terus melakukan rapat rutin setiap hari Jumat pada pekan balap, yakni usai sesi latihan bebas kedua berakhir.

Dalam pertemuan ini, para rider akan mengungkapkan berbagai hal, terutama soal faktor yang berpengaruh pada tingkat keselamatan mereka di lintasan.

Tak jarang juga, para rider berdebat panas dalam diskusi tersebut. Namun Ezpeleta mengakui bahwa ia tak bisa membayangkan MotoGP di era saat ini tanpa adanya Safety Commission.

Selain itu, pebalap kawakan Yamaha, Valentino Rossi, lewat buku otobiografinya mengaku terpukul atas tewasnya Kato, The Doctor merupakan salah satu rider yang paling vokal soal pembentukan Safety Commission. "Sungguh menarik bisa mendapat saran dari rider-rider lain, karena selama bertahun-tahun hanya sedikit rider yang duduk bersama, tapi kini kurang lebih semua rider selalu menghadiri rapat tersebut," papar Rossi.

Artikel Tag: Valentino Rossi, Dorna Sport, Daijiro Kato, motogp

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/pentingnya-peran-safety-comission-motogp
4044  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini