Peluang Marc Marquez Pindah ke KTM Terhalang Restu Dorna Sport

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 05 Jul 2023, 15:14 WIB
Marc Marquez

Marc Marquez

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Marc Marquez sebenarnya memiliki peluang untuk segera angkat kaki dari Honda yang tengah terpuruk di ajang MotoGP dengan hijrah menuju KTM. Namun peluang tersebut pupus setelah Dorna Sport tak mengkehendaki penambahan tim baru.

KTM sendiri menjadi pabrikan yang paling dikaitkan dengan kepindahan Marc Marquez dalam bursa transfer pebalap MotoGP musim ini. Hal ini tak lain karena performa motor Honda yang tak kunjung membaik hingga membuatnya merasa frustasi, bahkan banyak pengamat menyebut bahwa Marquez harus segera keluar dari Honda jika ingin kembali bersaing memperebutkan titel juara dunia.

Kemungkinan ini juga semakin diperkuat lantaran kedua belah pihak baik Marquez maupun KTM memiliki sponsor yang sama, selain itu Marquez sendiri juga merupakan mantan pebalap KTM di kelas 125cc. Apalagi kini KTM juga menjadi penantang terdekat Ducati.

Akan tetapi, bukan perkara mudah bagi KTM untuk menyediakan tempat bagi sang juara dunia MotoGP enam kali tersebut. Sebab, ada kontrak yang harus dipertimbangkan. Sebagaimana diketahui Marquez masih terikat hubungan kerja dengan Honda sampai 2024.

Meskipun KTM dengan dukungan finansial yang melimpah dinilai bisa mengatasi permasalahan tersebut. Namun mereka juga masih memiliki kontrak dengan pebalap mereka sendiri.

Pebalap debutan mereka di tim satelit GASGAS Tech3, Augusto Fernandez, secara mengejutkan bahkan bisa tampil di luar ekspektasi. Salah satunya adalah ketika ia bisa finis di posisi keempat saat balapan MotoGP Prancis.

KTM sebenarnya mencoba mengakali dengan menyediakan kursi lebih banyak di skuad mereka. Dikutip dari Speedweek, mereka diketahui telah mengajukan slot 1 tim satelit ekstra. Kebetulan, 1 tempat di kelas para raja sedang kosong karena keluarnya Suzuki dari kompetisi pada musim ini.

Meskipun demikian, rencana KTM untuk membentuk tim satelit baru tersebut tak direstui Direktur Olahraga Dorna, Carlos Ezpeleta.

"Tidak ada rencana untuk menambah slot 22 motor (pebalap reguler, red) tahun depan. Faktanya, angka yang ideal bagi kami adalah 20." ujar Ezpeleta kepada Catalunya Radio menanggapi soal ketersedian satu slot tim di MotoGP.

Sementara itu KTM juga tengah berusaha menyediakan satu tempat untuk pebalap Moto2 potensial, Pedro Acosta yang disebut-sebut sebagai titisan Marc Marquez. Carlos Ezpeleta sendiri tidak menampik bahwa ada desas-desus tentang niat Acosta untuk naik ke MotoGP dalam waktu dekat.

Ezpeleta mendukung juara dunia Moto3 satu kali itu untuk mendapatkan promosi ke kelas utama. Hanya saja, soal bagaimana caranya, Ezpeleta enggan ikut campur.

"Kami akan senang memiliki Pedro di MotoGP, tetapi ada pembicaraan antara Pedro dengan timnya dan pabrikannya," ujar Ezpeleta.

Pun demikian tentang Marquez yang berpotensi terkena dampaknya. Ezpeleta enggan berbicara lebih jauh dari fakta bahwa juara dunia delapan kali itu masih punya kontrak dengan Honda.

"Itu adalah pernyataan Anda (bahwa Marquez akan bertahan di Honda tahun depan). Saya rasa Marc memiliki kontrak satu tahun lagi." tandasnya.

Artikel Tag: Marc Marquez, motogp 2023, ktm, Honda

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/peluang-marc-marquez-pindah-ke-ktm-terhalang-restu-dorna-sport
9913  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini