MotoGP Kazakhstan Resmi Jadi Tuan Rumah Baru di MotoGP 2023

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 28 Sep 2022, 11:55 WIB
Kazakhstan

Sirkuit Sokol, tempat diselenggarakannya MotoGP Kazakhstan

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Pihak penyelenggara MotoGP, Dorna Sports, resmi mengumumkan MotoGP Kazakhstan sebagai event balapan anyar setelah mencapai kesepakatan untuk lima tahun kedepan.

Setelah mengumumkan ekspansi ke India, Dorna Sports sebagai pihak penyelenggara MotoGP terus melebarkan sayap, Mereka juga berusaha mengokokohkan posisinya dalam kawasan Asia.

Baru-baru ini, Kazakhstan diumumkan telah mencapai kesepakatan selama lima tahun ke depan untuk menjadi tuan rumah MotoGP.

“Kejuaraan Dunia FIM MotoGP akan datang ke Kazakhstan,” bunyi pernyataan resmi Dorna Sports.

“2023 menandai dimulainya kontrak lima tahun yang melihat MotoGP mendarat di wilayah baru dunia, saat Sokol International Racetrack yang menakjubkan bergabung dalam kalender.”

Berlokasi di luar kota terbesar Kazakhstan, Almaty, Sirkuit Sokol menjadi kompleks motorsport baru yang dibangun di jantung Asia Tengah.

“Wilayah ini akan menjadi pit stop baru untuk MotoGP, karena olahraga ini terus berkembang di seluruh dunia, terlibat dengan pasar dan basis penggemar baru,” lanjut pernyataan.

Dengan panjang 4.495 meter dan lebar 15 meter, Sokol dirancang oleh desainer kenamaan Hermann Tilke. Trek tersebut dimungkinkan untuk menyelenggarakan balap lain seperti World Superbike, DTM, WTCC, dan kejuaraan lainnya.

Konstruksi sudah dimulai pada 2012 lalu. Tetapi drag strip dans sirkuit karting saja yang pertama kali rampung. Lalu, garis besar sirkuit utama dimulai, beriringan dengan pembangunan pit building, yang juga mencakup hotel berkapasitas 44 kamar.

Pekerjaan pembangunan sirkuit sempat melambat pada 2019. Kendati demikian, pihak pengelola terus berupaya sekuat tenaga untuk menyelesaikannya.

Sirkuit Sokol bakal didukung sistem elektronik canggih, yang dipasok dari Al Kamel Systems, agar mampu menyelenggarakan event motorsport dengan dukungan infrastruktur teknologi yang mumpuni.

“Kami sangat bangga memiliki Al Kamel Systems sebagai mitra baru di bidang utama seperti elektronik khusus,” ucap Direktur Sokol International Racetrack, Rahimjan Talipov.

Eks pebalap MotoGP, Jorge Lorenzo, diketahui pernah mengunjungi Sokol pada 2016 lalu. Kala itu, ia mengaku sangat terkesan dengan proses konstruksi sirkuit.

“Saya sangat menantikan untuk menguji trek dengan mengendarai motor,” tuturnya.

Artikel Tag: MotoGP Kazakhstan, motogp 2023, Sirkuit Sokol

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/motogp-kazakhstan-resmi-jadi-tuan-rumah-baru-di-motogp-2023
970  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini