MotoGP India Terancam Batal Akibat Masalah Biaya

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 18 Mar 2023, 03:05 WIB
MotoGP India, Sirkuit Buddh

Sirkuit Buddh, tuan rumah MotoGP India 2023

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: MotoGP India 2023 terancam batal digelar sebab pihak pengelola Sirkuit Buddh kabarnya kesulitan mencari dana untuk perbaikan trek yang mencapai Rp 74 Miliar.

Kabar buruk bagi para penggemar MotoGP, salah satu seri balapan musim ini terancam batal digelar. Seri yang dimaksud yakni MotoGP India yang rencananya dilaksanakan di Sirkuit International Buddh.

Berdasarkan dari media lokal setempat, Times of India, ada beberapa problem yang membuat perlombaan berpotensi batal. Beberapa bulan lalu Carmelo Ezpeleta yang merupakan CEO Dorna Sports memang sudah memberikan lampu hijau untuk gelaran di Negara Bolywood.

Meski demikian, sebenarnya terdapat beberapa perbaikan besar yang wajib dilakukan oleh pengelola sirkuit sebagai syarat untuk melangsungkan balapan MotoGP. Beberapa diantaranya adalah memperlebar celah dan ruang run off hingga perbaikan aspal.

Dihitung dari sekarang, mereka masih punya waktu sekitar enam bulan lagi untuk mengerjakannya. Namun masalahnya ada di keuangan, di mana perbaikan trek diprediksi bakal menelan biaya 4,5 juta Euro atau senilai dengan Rp 74 miliar.

Sedangkan setelah mengeluarkan banyak dana untuk uang komitmen dan operasional lainnya, India sudah tak punya sumber daya lagi untuk membiayai perbaikan sirkuit..

"Waktu sangat krusial. Ada beberapa ruang yang perlu diperlebar karena awalnya mereka didesain untuk balap mobil. Jadi harus ada perubahan untuk keselamatan pebalap," ujar Promotor MotoGP India, Pushkar Nath Srivastava.

"Tambahan lagi, ada beberapa perubahan juga di sistem elektrikal sirkuit serta pengaspalan ulang beberapa area," ia mengimbuhkan.

India diketahui merupakan salah satu dari dua tuan rumah baru di kejuaraan MotoGP 2023. Seri anyar lainnya yakni MotoGP Kazakhstan yang digelar di Sirkuit Sokol pada bulan Juli mendatang.

Artikel Tag: MotoGP India, Sirkuit Buddh, motogp 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/motogp-india-terancam-batal-akibat-masalah-biaya
1152  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini