Jajal Aero Motor Terbaru Aprilia di Sepang, Aleix Espargaro Terkesan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 07 Feb 2024, 18:20 WIB
Aleix Espargaro

Aleix Espargaro

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Aleix Espargaro merasa puas setelah mencoba beberapa aerodinamika motor terbaru Aprilia, RS-GP 2024, di hari pertama Tes Pramusim MotoGP 2024 Sepang.

Seperti diketahui, Tes Pramusim MotoGP 2024 pertama sedang digelar di Sirkuit Sepang. Semua pabrikan MotoGP memperkenalkan teknologi terbaru mereka.

Rider Aprilia, Aleix Espargaro, pun merasa bangga dengan hasil kerja departemen aerodinamis pabrikan Noale. Mereka diketahui membawa sederet kombinasi aero motor RS-GP 2024 yang harus dipilih.

Espargaro memperkirakan terdapat lima pengembangan aero berbeda yang perlu ia uji selama di Sirkuit Sepang.

"Kami masih membutuhkan hari lebih karena motor 2024 memiliki banyak kombinasi aerodinamika. Motor (RS-GP) 2024 adalah sebuah evolusi, (tetapi) aerodinamisnya dapat membuat perbedaan yang sangat besar,” ujar sang rider, dikutip dari Crash.

"Kami perlu memahami bagian mana yang terbaik karena kami memiliki dua sayap yang sangat berbeda, yang memiliki lebih banyak downforce di bagian depan. Kami memiliki tiga kombinasi berbeda di belakang, dengan sayap besar.  Kami juga mempunyai item baru di lengan ayun, yang belum saya coba,” ia menjelaskan.

“Kami perlu mencoba banyak kombinasi masing-masing karena mereka benar-benar mengubah motornya. Entah membuat sepeda menjadi sangat berat, atau memberi Anda stabilitas, beberapa mengurangi pengereman, lainnya meningkatkan pengereman. Tidak mudah untuk memahami kombinasi terbaik,” lanjut Espargaro.

Meski Ducati dianggap sebagai yang pertama memperkenalkan aerodinamika di MotoGP, Aprilia kini dianggap sebagai pabrikan yang punya kuda besi dengan aero terbaik di grid. Bodywork belakang anyar ala-Batmobile (mobil milik superhero Batman), yang punya bagian belakang dan panel samping yang 'terpahat' menjadi salah satu perangkat aero paling menarik perhatian pada tes pramusim di Sepang.

Sementara itu mereka juga mempersiapkan sayap belakang berbentuk kotak untuk motor RS-GP.

"Pada awalnya, kami tidak menyadari betapa pentingnya aerodinamis, tetapi dalam 4 atau 5 musim terakhir ini kami memahami bagaimana aerodinamika dapat mengubah perilaku motor. Saya pikir kami memiliki salah satu bagian terbaik di paddock MotoGP dalam hal aerodinamis, tapi jelas itu membuat hidup kami sedikit sulit!” kata Espargaro.

"Karena sebelumnya mereka mungkin memberi Anda 5 mesin, 5 sasis, 5 lengan ayun… tapi Anda tidak pernah punya 5. Saat ini, kami punya 5 (pilihan) dalam hal aerodinamis. Untuk menemukan kombinasi yang tepat Anda memiliki 3 atau 4 di depan, 3 atau 4 di belakang, 2 sayap samping berbeda, sayap di lengan ayun.”

“Engineer mencoba pengaturan yang berbeda tetapi Anda sebagai pebalap perlu memahami paket mana yang paling Anda sukai dan menyesuaikan gaya berkendara Anda. Itu sangat sulit,” pungkasnya.

Artikel Tag: Aleix Espargaro, aprilia, MotoGP 2024, Tes Pramusim MotoGP 2024, sirkuit sepang

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/jajal-aero-motor-terbaru-aprilia-di-sepang-aleix-espargaro-terkesan
908  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini