Honda Datangkan Orang Berpengalaman dari Suzuki

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 24 Jan 2023, 09:55 WIB
Suzuki, Ken Kawauchi

Ken Kawauchi

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Bos Repsol Honda, Alberto Puig, mendatangkan Ken Kawauchi yang merupakan mantan petinggi Suzuki dan menjadikannya sebagai direktur teknik tim anyar.

Suzuki telah resmi meninggalakan kejuaraan MotoGP di penghujung musim 2022. Hal tersebut ternyata menjadi berkah bagi pabrikan lain, salah satunya Honda.

Mereka merekrut mantan petinggi pabrikan asal Hamamatsu, Ken Kawauchi. Kawauchi diketahui merupakan salah sosok yang membantu tim tampil konsisten dan berjasa dalam membantu Joan Mir merebut gelar pada musim 2020.

"HRC (Honda Racing Corporation) telah mengontrak Ken Kawauchi sebagai direktur teknik," kata bos Repsol Honda, Alberto Puig, dilansir dari Motorsport.com.

"Kami memanfaatkan mundurnya Suzuki dari Kejuaraan Dunia. Dari apa yang saya ketahui, dia adalah penggemar balapan. Jika mereka masih berlomba, dia mungkin tidak akan pindah,” tambahnya.

Ken Kawauchi diminta untuk menggantikan posisi Takeo Yokoyama. Sedangkan Yokoyama mendapatkan tugas anyar, yakni melatih teknisi-teknisi muda di Jepang.

Di sisi lain, rider baru Repsol Honda, Joan Mir nantinya bakal didampingi Giacomo Guidotti yang awalnya bekerja dengan Takaaki Nakagami di LCR Honda. Sementara yang menjabat sebagai kepala kru baru Nakagami adalah Klaus Nohles yang sebelumnya bertugas di tim pengujian Honda.

"Giacomo sudah bersama kami selama bertahun-tahun dan mengenal motor kami dengan sangat baik," ungkap Puig.

"Kami pikir dia bisa menjadi opsi cocok untuk Joan, sama seperti Ramon untuk tim pengujian dan Klaus untuk Taka,” tutupnya.

Artikel Tag: Honda, Suzuki, motogp 2023, Ken Kawauchi

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/honda-datangkan-orang-berpengalaman-dari-suzuki
573  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini