Gara-Gara Ban Michelin, Valentino Rossi Sulit Tampil Kompetitif

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 07 Sep 2021, 13:40 WIB
Valentino Rossi

Valentino Rossi

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: Valentino Rossi menyebut ban Michelin kurang bersahabat dengan motor Yamaha YZR-M1 miliknya sehingga membuat ia kesulitan tampil kompetitif di setiap balapan.

Masalah ban belakang masih terus menghantui Valentino Rossi usai gagal menorehkan hasil positif di seri MotoGP Inggris. Padahal, ia memulai balapan dari posisi yang cukup menguntungkan dan motor YZR-M1 geberannya menunjukkan performa bagus sejak tampil di sesi latihan bebas pertama.

Sayang, pilihan ban yang terbatas membuat rider Petronas Yamaha SRT harus menggunakan opsi yang ada dan kesulitan untuk menemukan kecepatan terbaik. Bahkan, Rossi finis di posisi ke-18 dan hanya mengungguli tandemannya, Jake Dixon yang finis di posisi paling buncit.

Peraih sembilan gelar kejuaraan dunia balap motor itu mengungkapkan bahwa setelah lima atau enam lap berlalu, ban medium yang digunakannya mengalami penurunan performa secara signifikan.

Masalah ban belakang juga dialami oleh beberapa rider saat tampil di Sirkuit Silverstone dan sempat menjadi topik hangat sepanjang akhir pekan balap MotoGP Inggris.

“Saya hanya bisa berbicara untuk diri sendiri. Sayangnya, saya memiliki masalah seperti ini sejak 2019 lalu,” kata Rossi seperti dilansir Speedweek.

“Setelah tujuh atau delapan lap awal, ban belakang rasa langsung alami penurunan performa, seperti alami over heat,” imbuhnya.

“Kami sudah berusaha semaksimal mungkin dan mengubah banyak hal, seperti memainkan set-up serta gaya balap. Bagaimana cara saya mengendalikan gas, membuat motor tetap tegak dan banyak yang lainnya,” ia menjelaskan.

Michelin selaku pemasok ban untuk ajang MotoGP masih menggunakan konstruksi yang sama seperti tahun lalu. Awalnya, ban tersebut digadang-gadang lebih cocok dengan motor Yamaha karena memiliki daya cengkeram lebih besar.

Seperti diketahui, masalah yang dialami oleh pabrikan asal Jepang itu adalah ban belakang mereka lebih banyak berputar sebelum motor melaju cepat. Kondisi tersebut membuat ban lebih cepat aus dan tidak mampu bertahan lama.

Bahkan, di Assen dan Catalunya yang merupakan trek favorit Rossi, ia gagal menunjukkan penampilan solid seperti di sesi latihan dan kualifikasi.

Rider asal Italia itu pun berharap timnya dapat segera menemukan solusi atas kendala tersebut agar dapat memperjuangkan hasil maksimal dalam beberapa balapan terakhirnya di kelas utama.

“Mari kita lihat apa yang bisa kami lakukan. Tapi, kami benar-benar tidak tahu apa lagi yang harus dicoba,” pungkasnya.

Artikel Tag: Valentino Rossi, michelin, MotoGP 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/gara-gara-ban-michelin-valentino-rossi-sulit-tampil-kompetitif
1158  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini