Bukan Ducati, Rekor Motor MotoGP Tercepat Dipegang Oleh KTM

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 11 Jun 2023, 23:05 WIB
Brad Binder, KTM

Brad Binder rider tim KTM

Ligaolahraga.com -

Berita MotoGP: MotoGP menjadi ajang balap roda dua dengan kecepatan tertinggi di dunia saat ini. Ducati memang terkenal dengan top speednya di lintasan lurus, namun kali ini justru KTM memecahkan rekor kecepatan maksimal.

MotoGP jadi ajang balap roda dua dengan kecepatan tertinggi di dunia saat ini dengan top speed yang melampaui 360 km/jam. Dari beberapa pabrikan motor MotoGP Ducati adalah yang paling dominan terutama saat berada di lintasan lurus dalam beberapa tahun terakhir.

Apalagi akselerasi dan top speed Ducati sudah terbukti membuat para rider mereka sulit dikalahkan di MotoGP dalam beberapa tahun terakhir. Kendati demikian, justru bukan Ducati yang memegang rekor top speed.

KTM lewat pebalapnya yakni Brad Binder sukses mencetak top speed 366,1 km/jam pada Sprint Race MotoGP Italia 2023 pada Sabtu, (10/6) malam lalu.

Torehan tersebut menjadi rekor top speed terkencang sepanjang sejarah MotoGP, dan dicetak Binder di akhir lintasan lurus sepanjang 1,141 km sirkuit Mugello, Italia pada lap ke-8 Sprint Race MotoGP Italia 2023. Rider asal Afrika Selatan itu jadi pemilik rekor top speed di MotoGP dengan 366,1 km/jam.

Pencapaian itu pastinya sedikit banyak terbantu oleh slipstream yang dihasilkan oleh Aprlia milik Miguel Oliveira yang saat itu ada didepannya. Begitu pula dengan Aprilia yang menunjukkan peningkatan performa signifikan dengan menjadi pabrikan tercepat ketiga di MotoGP.

Motor Aprilia RS-GP yang ditunggangi oleh Maverick Vinales berhasil mencatatkan kecepatan hingga 363,6 km/jam.

Sprint Race MotoGP Italia 2023 rasanya menjadi tempat ideal untuk mencetak top speed yang cepat. Dari 11 rekor kecepatan di atas 360 km/jam, enam diantaranya dicetak pada balapan berdurasi 12 lap tersebut.

Artikel Tag: ktm, Ducati, motogp italia

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/motogp/bukan-ducati-rekor-motor-motogp-tercepat-dipegang-oleh-ktm
14186  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini