Berita MotoGP Terbaru: Preview Grand Prix Jepang 2016

Penulis: Datuk Nofri
Rabu 05 Okt 2016, 00:06 WIB
Berita MotoGP Terbaru: Preview Grand Prix Jepang 2016

Sirkuit Twin Ring Motegi kembali akan menggelar balapan MotoGP yang dijadwalkan berlangsung pada pertengahan bulan ini

Ligaolahraga - Tahun ini Sirkuit Twin Ring Motegi yang dimiliki tim Honda akan menyelenggarakan balapan MotoGP yang ke-18 setelah pertama kali masuk dalam kalender penyelenggaraan MotoGP World Championship pada tahun 1999 lalu.

Sirkuit Twin Ring Motegi kembali akan menggelar seri ke-15 dalam kalender MotoGP World Championship 2016 yaitu Grand Prix Jepang yang akan berlangsung dari tanggal 14 hingga 16 Oktober mendatang.

Musim ini, Sirkuit Twin Ring Motegi akan menyelenggarakan balapan MotoGP yang ke-18 setelah pertama kali masuk dalam kalender penyelenggaraan MotoGP World Championship pada 1999 silam.

Tim Honda masih masih menjadi tim yang paling dominant di sirkuit yang mereka miliki itu dengan rekor 6 kemenangan disusul tim Yamaha dan tim Ducati yang masing-masing telah meraih 4 kemenangan.

Adapun pebalap MotoGP yang paling sering meraih gelar juara di Motegi adalah Dani Pedrosa yaitu sebanyak tiga kali dimana ia meraih gelar ketiganya pada musim lalu yang dianggap sebagai salah satu dari dua momen terseru yang pernah terjadi di Motegi sejauh ini selain pada 2010 lalu.

Sebagaimana yang telah diketahui, musim lalu duo pebalap Movistar Yamaha Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo hanya berselisih 14 point di klasemen sebelum mereka tampil di Sirkuit Twin Ring Motegi yang membuat tensi pertarungan antara keduanya semakin memanas setelah Lorenzo berhasil mengalahkan Rossi di seri sebelumnya yang berlangsung di Sirkuit MotorLand Aragon.

Namun demikian, pebalap Repsol Honda Dani Pedrosa yang justeru berhasil meraih gelar juara tahun itu diikuti oleh Rossi dan Lorenzo sehingga Rossi kembali memperlebar selisih pointnya menjadi 18 point dengan menyisakan tiga seri lagi.

Penyelenggaraan Grand Prix Jepang di Motegi tahun lalu itu dianggap sebagai salah satu dari dua penyelenggaraan yang paling seru selain tahun 2010 ketika pebalap Australia Casey Stoner berhasil mempersembahkan gelar juara bagi tim Ducati yang hingga kini belum pernah lagi diulangi oleh para pebalap Ducati lainnya di Motegi.

Sebelum penyelenggaraan Grand Prix Jepang 2010 itu, Lorenzo dan Pedrosa tengah bertarung ketat untuk meraih gelar juara dunia tahun itu.

Pedrosa akhirnya mengalami DNF karena terjatuh dan Lorenzo semakin nyaman di pucuk klasemen dan pebalap asal Mallorca itu pun ingin mempertegas posisinya  dengan memenangkan Grand Prix Jepang 2010.

Namun pada hari balapan tahun itu, Lorenzo gagal menjadi yang pertama karena  Stoner yang akhirnya keluar sebagai pemenang setelah terlibat pertarungan sengit dengan Lorenzo, Rossi dan Andrea Dovizioso.

Artikel Tag: Grand Prix Jepang, Twin Ring Motegi, MotoGP World Championship

2758  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini