Lydia Ko Menangi Turnamen Pembuka LPGA Tour 2024 di Orlando

Penulis: Hanif Rusli
Senin 22 Jan 2024, 16:13 WIB
Lydia Ko berpose dengan trofi Hilton Grand Vacations Tournament of Champions 2024. (Foto: Golf Digest)

Lydia Ko berpose dengan trofi Hilton Grand Vacations Tournament of Champions 2024. (Foto: Golf Digest)

Ligaolahraga.com -

Dalam waktu hanya empat putaran, Lydia Ko berhasil meninggalkan musim LPGA Tour yang buruk di 2023. Ko kembali menemukan sentuhan kemenangan pada hari Minggu (21/1) dalam Hilton Grand Vacations Tournament of Champions yang menjadi pembuka musim LPGA Tour 2024.

Di putaran keempat dan terakhir Ko mencetak skor 2-under 70 untuk kemenangan 2 pukulan atas Alexa Pano di Lake Nona, Orlando, AS.

Menyelesaikan kompeitisi skor 14-under 274, Ko memenangkan gelar untuk kali ke-20 di Tur LPGA. Pemain berusia 26 tahun asal Selandia Baru itu menjadi wanita ketujuh yang memenangkan 20 gelar LPGA sebelum berusia 27 tahun.

Dua puluh gelar Lydia Ko di LPGA Tour membuatnya hanya tertinggal satu gelar dari Inbee Park (cuti hamil) di antara para pemain aktif. Dia bergabung dengan Laura Davies dan Cristie Kerr dalam daftar karier.

"Kemenangan ini tentu saja hebat," kata Ko. "Saya tidak yakin apakah saya akan kembali ke lingkaran pemenang, dan kembali ke turnamen pertama musim, itu cukup keren dan jauh lebih cepat dari yang pernah saya antisipasi."

Lydia Ko tidak berhasil memenangkan satu pun turnamen dari 20 start LPGA pada tahun sebelumnya, dan sekarang dia dapat melanjutkan upayanya untuk masuk ke dalam LPGA Hall of Fame eksklusif. Ko membutuhkan 27 poin untuk mencapainya, dan kemenangan ini membuatnya hanya berselisih satu poin lagi. Setiap kemenangan reguler di LPGA bernilai satu poin.

Dia bisa mencapainya sesegera pekan ini, pada LPGA Drive On Championship, yang dimainkan hanya dua jam dari rumahnya, di Bradenton.

Meskipun margin terakhir pada hari Minggu adalah 2 pukulan, Lydia Ko tetap mengendalikan pertandingan sepanjang putaran terakhir, dimainkan di tengah suhu yang tidak biasa dingin, turun hingga ke angka 40-an derajat Fahrenheit.

Ko, yang bebas bogey dalam putaran keduanya dan ketiganya, membuat empat birdie dalam 15 lubang pertamanya pada hari Minggu dengan satu bogey untuk membuat para pengejar bertarung untuk posisi kedua di sebagian besar hari itu.

Dia memperluas keunggulannya menjadi 5 pukulan di awal sembilan lubang terakhir. Satu-satunya momen cemas terjadi di par-5 yang bisa dicapai pada lubang ke-15, di mana Ko memukul ke kiri, yang membuat jatuh di semak-semak kasar di depan air. Ko segera mem-pitching tembakan ketiganya hingga 3 kaki untuk menyiapkan birdie keempat dalam putarannya.

Lydia Ko memenangkan turnamen invitasi tim campuran tidak resmi Grant Thornton bersama Jason Day dari Australia pada akhir 2023, yang meningkatkan kepercayaan dirinya. Dia mengatakan memenangkan gelar individu di Lake Nona memberikan perasaan lega setelah melewati tahun yang sulit di 2023.

Apa yang dia pelajari dari musim sulit tersebut? "Saya menangis banyak," kata Lydia Ko. Pada hari Minggu, tidak ada air mata.

"Saya bermain melawan pemain golf wanita terbaik pekan demi pekan," katanya, "dan Anda tahu bahwa permainan B Anda tidak akan cukup. Orang berpikir golf itu mudah. Tidak."

Dengan angin dingin yang bertiup dan bola tidak terbang sejauh yang sudah terjadi sepanjang pekan, mencetak skor dalam putaran terakhir menjadi sulit. Hanya tiga pemain dari 34 pemain LPGA yang menyelesaikan putaran berhasil mencetak skor di bawah 70.

Pano, yang memulai hari dengan selisih 2 pukulan, melakukan serangan akhir untuk membuat situasi menjadi menarik, dengan birdie di tiga dari lima hole terakhir saat dia menyamai skor Ko sebesar 70. Pano baru berusia 19 tahun, dan penampilannya menandai hasil terbaik kedua dalam karidrnya, setelah menang di Irlandia Utara akhir tahun lalu.

Juara bertahan turnamen, Brooke Henderson dari Kanada, membuat serangan kuat pada hari Minggu (68) untuk menyelesaikan kompetisi di tempat ketiga. Cheyenne Knight (69), Ally Ewing (72), dan Ayaka Furue dari Jepang (71) berada di tempat keempat dengan total 8-under.

Artikel Tag: lydia ko

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/lydia-ko-menangi-turnamen-pembuka-lpga-tour-2024-di-orlando
1832  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini