Jon Rahm Diskors PGA Tour; Berikan Dampak Pada Pegolf Lain di Daftar FedEx

Penulis: Hanif Rusli
Kamis 14 Des 2023, 11:08 WIB
PGA Tour bertindak tegas atas langkah Jon Rahm bergabung dengan LIV Golf pekan lalu. (Foto: LIV Golf)

PGA Tour bertindak tegas atas langkah Jon Rahm bergabung dengan LIV Golf pekan lalu. (Foto: LIV Golf)

Ligaolahraga.com -

PGA Tour telah memberi tahu Jon Rahm bahwa ia telah diskors karena pekan lalu menandatangani kontrak dengan LIV Golf yang didanai oleh Arab Saudi, yang berdampak langsung pada Mackenzie Hughes dan Carl Yuan.

Dalam sebuah memo kepada para pemain pada Senin (11/12) lalu, komisaris PGA Tour Jay Monahan mengatakan bahwa skorsing Rahm "karena keterkaitannya dengan serangkaian turnamen yang tidak sah" menghapus namanya dari daftar poin kelayakan FedEx Cup.

Itu berarti Hughes naik dari peringkat 51 ke peringkat 50, dan sekarang memenuhi syarat untuk mengikuti ketujuh turnamen senilai $20 juta pada tahun 2024. Itu juga berarti Yuan, yang terdaftar di Q-school pekan ini, naik satu peringkat ke No. 125 dan memiliki kartu PGA Tour penuh untuk tahun depan.

PGA Tour tahun lalu membedakan antara klasemen FedEx Cup dan daftar terpisah terkait kelayakan untuk playoff dan status. Pembedaan ini dimaksudkan agar pemain yang membelot ke LIV tidak berdampak negatif bagi mereka yang bertahan.

Di antara mereka yang diuntungkan tahun lalu adalah Rickie Fowler, yang masuk ke playoff karena semua pemain yang hengkang ke LIV; dan Jimmy Walker dan Rory Sabbatini, yang naik ke daftar uang karier dan dapat menggunakan pengecualian satu kali untuk mempertahankan status penuh.

Tahun ini, Hughes nyaris tidak masuk ke dalam 50 besar. Ia mempertahankan posisi ke-51 selama musim gugur, yang hanya akan menjaminnya mendapatkan tempat di dua turnamen pertama berhadiah $20 juta. Kini, pegolf Kanada itu dapat mengandalkan turnamen-turnamen seperti Wells Fargo Championship di tempat tinggalnya di Charlotte, North Carolina.

Alex Smalley naik ke posisi No. 60 dan sekarang dijamin akan mengikuti dua turnamen senilai $20 juta. Perubahan ini juga mempengaruhi Paul Haley, yang naik ke posisi No. 150 dan sekarang memiliki status bersyarat.

Dan hal ini juga dapat mempengaruhi Sahith Theegala. Ia berada di posisi No. 31 dan nyaris gagal mengikuti Tour Championship. Dia naik ke peringkat 30, yang bisa membuatnya dibebaskan untuk US Open. Tahun ini, US Open mengakui 30 besar yang memenuhi syarat.

Pergeseran ini diperbolehkan karena musim baru belum dimulai. Jika lebih banyak pemain PGA yang berangkat ke LIV sebelum akhir tahun, hal itu bisa menyebabkan lebih banyak perubahan.

Monahan juga mengatakan dalam memo tersebut bahwa dewan kebijakan dan manajemen baru-baru ini bertemu dengan sekelompok pemain yang kesal karena turnamen-turnamen unggulan akan menawarkan poin FedEx Cup yang lebih banyak secara tidak proporsional dibandingkan turnamen lainnya, yang menyebabkan kekhawatiran akan sulitnya bagi para pemain di luar 50 besar untuk berkompetisi secara adil.

Monahan mengatakan bahwa dewan akan meninjau bagaimana sistem baru ini bekerja pada bulan Juni dan mengevaluasi apakah perubahan perlu dilakukan pada tahun 2025.

Artikel Tag: PGA tour

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/jon-rahm-diskors-pga-tour-berikan-dampak-pada-pegolf-lain-di-daftar-fedex
3026  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini