Joaquin Niemann Kalahkan Sergio Garcia, Juarai Turnamen Pembuka LIV Golf

Penulis: Hanif Rusli
Senin 05 Feb 2024, 14:03 WIB
Joaquin Niemann berpose dengan trofi LIV Golf Invitational Mayakoba. (Foto: LIV Golf)

Joaquin Niemann berpose dengan trofi LIV Golf Invitational Mayakoba. (Foto: LIV Golf)

Ligaolahraga.com -

Joaquin Niemann berhasil mengalahkan Sergio Garcia setelah matahari terbenam pada hari Minggu (4/2) di turnamen pembukaan LIV Golf Invitational Mayakoba, Quintana Roo, Meksiko, dengan birdie putt sejauh 12 kaki dari pinggiran di lubang keempat playoff dengan green diterangi oleh layar video besar.

"Saat itu sangat gelap," kata Joaquin Niemann. "Saya pikir itu mungkin membantu saya untuk tidak terlalu pilih-pilih dalam memilih tempat dan hanya melihat lubang, mendapatkan perasaan dan melakukannya di sana. Itu adalah cara terbaik untuk mengakhirinya. Saya ingin melakukan putt di lubang terakhir untuk menang."

Joaquin Niemann memenangkan gelar LIV Golf pertamanya dua hari setelah pembukaan dengan skor 12-under 59 - dan setelah mendapat 2 pukulan penalti pada skor putaran kedua pada Minggu pagi karena salah mengambil bantuan pada pukulan drop dari jalur cart di lubang ke-13.

"Saya cukup senang hari ini berakhir seperti ini, terutama bagaimana pagi hari dimulai," kata Joaquin Niemann. "Saya pikir makan malam akan terasa sedikit lebih enak daripada sarapan."

Pukulan penalti membuat pegolf berusia 25 tahun asal Chili itu unggul 2 pukulan memasuki putaran terakhir. Dia menutup dengan skor 70, mengimbangi dua lubang terakhir untuk menyamai Garcia dengan skor 12-under 201 di El Camaleon Golf Course. Garcia membuat par di tiga lubang terakhir di babak reguler dengan skor 66.

Niemann melakukan putt untuk menang di lubang ke-18 par-4 dalam babak reguler dan sekali lagi pada dua perjalanan ekstra pertama di lubang tersebut, kemudian bertahan di lubang playoff ketiga ketika Garcia gagal melakukan birdie sejauh 10 kaki. Pemenang mendapat break di lubang playoff pertama ketika pukulan drive Garcia membentur pohon di sisi kanan dan berakhir di rawa.

"Saya beruntung di lubang playoff pertama," kata Joaquin Niemann. "Saya pikir pukulan di sana membuat saya bangkit dari penalti 2 pukulan yang saya alami pagi ini. Saya memang sudah menyangka seperti itu."

Daripada menyelesaikan kompetisi di hari Senin, Niemann dan Garcia memutuskan untuk memainkan lubang tambahan keempat di saat hari mulai redup, dan Garcia memberi Niemann celah besar ketika ia meninggalkan pendekatannya dari fairway dengan baik di rough yang dalam.

Pukulan pemain Spanyol berusia 44 tahun itu melesat ke sisi kanan, dan Niemann menyusul dengan kemenangan dalam playoff terpanjang dalam sejarah tiga tahun liga yang didanai oleh Arab Saudi ini.

Joaquin Niemann juga memenangkan playoff pada bulan Desember lalu di Australia Terbuka, mengalahkan Rikuya Hoshino dengan mencatat eagle.

"Saya sangat bersemangat untuk memulai musim ini, untuk mulai bermain di LIV dan mulai bermain untuk rekan-rekan setim saya," ujar Niemann. "Saya sangat bersemangat untuk memulai. Saya pikir ini adalah cara terbaik untuk memulai."

Juara Masters Jon Rahm, nama terbesar yang menandatangani kontrak dengan liga LIV Golf selama musim ini, berada di posisi ketiga dengan skor 10-under dalam debut turnya.

Sempat memimpin dengan dua lubang tersisa, Rahm menutup dengan dua bogey untuk skor 70. Dia melakukan pukulan ke kiri yang menimbulkan masalah di lubang ke-17 dan menemukan bunker di fairway pada lubang ke-18.

Bintang asal Spanyol ini memimpin Legion XIII meraih gelar juara tim, unggul 4 pukulan dari Crushers GC yang dipimpin Bryson DeChambeau.

"Sangat menyenangkan di hari di mana, dalam turnamen normal lainnya, saya mungkin akan kecewa dengan hasil akhir saya, untuk benar-benar memiliki sesuatu untuk dirayakan," kata Rahm.

Dean Burmester juga mencatat skor 10-under setelah mencetak skor 70.

"Sayangnya, itu bukan hari saya, tapi itu adalah hari yang tepat," kata Burmester.

Juara bertahan Charles Howell III (68) berada di posisi kelima dengan skor 8-under dengan Dustin Johnson (67) dan Brooks Koepka (68).

Niemann mendapatkan $4 juta, Garcia $2,25 juta dan Rahm serta Burmester masing-masing mendapatkan $1,25 juta. Rahm dan rekan setimnya di Legion XIII, Tyrrell Hatton, Caleb Surratt dan Kieran Vincent mendapatkan $3 juta dalam kompetisi tim.

Artikel Tag: joaquin niemann

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/golf/joaquin-niemann-kalahkan-sergio-garcia-juarai-turnamen-pembuka-liv-golf
333  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini