Yuki Tsunoda: Franz Tost Membantu Saya Tetap Kuat di F1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 07 Des 2023, 17:10 WIB
Yuki Tsunoda, Franz Tost

Eks Prinsipal AlphaTauri, Franz Tost, dan Yuki Tsunoda

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Yuki Tsunoda menyebut eks Prinsipal AlphaTauri, Franz Tost, begitu berjasa terhadap kariernya di F1 karena selalu ada disaat ia terpuruk maupun bahagia.

Franz Tost telah resmi meninggalkan jabatannya sebagai Prinsipal AlphaTauri setelah F1 2023. Ia menghabiskan 18 tahun menjadi pemimpin tim asal Faenza.

Dalam kurun waktu tersebut, Tost pernah bekerja dengan Sebastian Vettel, Max Verstappen, Daniel Ricciardo, Carlos Sainz, dan Alex Albon. Pria asal Austria itu juga jadi pendukung utama Yuki Tsunoda, yang pada 2024 akan menjalani tahun keempatnya bersama AlphaTauri.

Tsunoda pun sangat berterima kasih atas jasa Franz Tost selama ini. Pebalap asal Jepang tersebut mengaku bisa saja terpuruk di F1 jika tak mendapat bimbingan dari Tost.

“Jelas, tanpa Franz, saya tidak berada di sini (di F1). Dia pasti memberi saya banyak saran di setiap balapan. Bahkan di saat-saat buruk, saat-saat baik, kami saling berbagi kebahagiaan atau kesedihan. Ia selalu menjadi pendukung terbesar di tim,” kata Tsunoda, dinukil dari Motorsport.com.

"Ia selalu mempercayai bakat saya, kecepatan saya, semuanya. Bahkan pada paruh pertama musim ketika saya mengalami kesulitan di tahun pertama saya, ia tetap percaya bahwa saya bisa melakukannya. Tanpa dukungan yang baik seperti itu, saya tidak akan bisa berkembang sebanyak itu sebagai pebalap,” jelas pebalap berumur 23 tahun itu.

"Mungkin saya akan lebih terburu-buru dan kehilangan arah yang seharusnya. Cara dia memperlakukan saya pada saat itu sangat membantu,” tambahnya.

Ketika karier Tsunoda di F1 sempat dilanda ketidakpastian, Tost meyakinkan semua orang bahwa seorang pebalap membutuhkan tiga musim untuk membuktikan bahwa mereka dapat bersaing di kelas utama.

"Tahun pertama, ada beberapa alasan, tetapi saya tidak dapat benar-benar menunjukkan performa di paruh pertama musim ini. Namun sejak tahun lalu, saya mulai menjadi lebih baik dan kepercayaan diri saya semakin meningkat. Sekarang saya lebih fokus untuk menjadi pebalap yang komplit, bukan hanya sekadar cepat,” tutur Tsunoda.

"Juga memberikan umpan balik untuk pengembangan atau seberapa dewasa Anda bisa berada dalam situasi yang sulit, itu adalah target saya. Setiap tahun saya dapat menemukan kelemahan saya, yang merupakan hal yang bagus dan saya terus berusaha memperbaiki hal tersebut,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, Franz Tost, F1 2023

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/yuki-tsunoda-franz-tost-membantu-saya-tetap-kuat-di-f1
267  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini