Yuki Tsunoda Beberkan Penyebab Kecelakaan di FP1 GP Hungaria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Sabtu 31 Jul 2021, 16:30 WIB
Yuki Tsunoda

Yuki Tsunoda

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Yuki Tsunoda mengungkapkan bahwa mobilnya sulit dikendalikan saat melewati beberapa tikungan di Hungaroring sehingga membuat ia menabrak dinding pembatas.

Yuki Tsunoda hampir tidak bisa mengikuti sesi latihan bebas kedua GP Hungaria menyusul insiden kecelakaan yang dialaminya pada FP1. Pada sesi latihan bebas pertama, mobil rookie AlphaTauri itu mengalami selip dan menghantam dinding pembatas lintasan.

Seusai FP2, pebalap asal Jepang tersebut menjelaskan kronologi kejadian yang membuat steward mengibarkan bendera merah itu. Tsunoda menyebut, hanya beberapa menit sebelum FP1 berakhir, hembusan angin membuat mobil AT02 geberannya melindas kerb menjelang masuk ke Tikungan 4 Sirkuit Hungaroring. Akibatnya, mobil meluncur mundur sehingga bagian belakang bawah menabrak dinding pembatas.

Berkat kerja keras para teknisi dan mekanik AlphaTauri, Yuki Tsunoda masih mampu untuk melakukan satu flying lap di FP2 dan berhak menempati P17.    

“Saat itu, mobil (terasa) benar-benar sulit dikendalikan, khususnya di bagian belakang dan saat di tikungan-tikungan cepat. Saya kehilangan banyak waktu dibanding rekan setim (Pierre Gasly) hanya di tikungan cepat,” ucap Tsunoda dilansir dari Motorsport.com.

“Di sebagian besar tikungan, saya tidak begitu mengalami masalah dan di beberapa tikungan saya bahkan bisa mencapatkan waktu bagus,” ia menjelaskan.

“Hanya di dua tikungan saya banyak kehilangan kecepatan. Saat mencoba meningkatkan kecepatan, mobil malah selip dan saya akhirnya berakhir di dinding. Saya seharusnya tidak mengalami satu insiden itu karena sesi sudah hampir selesai,” lanjutnya.

Tsunoda mengaku bertanggung jawab penuh atas kecelakaan yang dialaminya tersebut. Kendati flying lap-nya di FP2 hanya menembus waktu 1 menit 19,671 detik, hal itu dirasa sudah cukup untuk mendapatkan pelajaran berharga.

“Insiden ini memang murni kesalahan saya. Dan, tim mekanik kami bekerja luar biasa,” tutur pebalap berusia 21 tahun itu.

“Meskipun hanya mampu melibas satu lap di FP2, itu tetap membantu saya dan untuk teknisi dalam mengambil data. Mekanik dan kru tim memang bekerja keras agar saya tetap bisa turun di FP2. Saya sangat mengapresiasi mereka,” ungkapnya.

Artikel Tag: Yuki Tsunoda, AlphaTauri, F1 2021, GP Hungaria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/yuki-tsunoda-beberkan-penyebab-kecelakaan-di-fp1-gp-hungaria
8359  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini