Wolff: Layout Trek Monte Carlo Perlu Diubah demi Masa Depan GP Monako

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 01 Jun 2022, 11:45 WIB
GP Monako

GP Monako 2022

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Mercedes, Toto Wolff, menyarankan agar desain layout Sirkuit Jalan Raya Monte Carlo diubah dengan tujuan meningkatkan daya tarik balapan GP Monako.

Seri GP Monako, yang mengambil jalan-jalan ikonik di Monte Carlo, dibangun sejak 1929 dan tidak mengalami perubahan sama sekali, meskipun terdapat beberapa penambahan demi meningkatkan keamanan.

Sirkuit Monte Carlo pun menjadi tantangan tersendiri bagi tim-tim Formula 1 di era modern, karena berkarakter lambat dan sangat sempit.

Pasalnya, saat ini mobil jet darat jauh lebih besar sejak memasuki era V6 turbo hybrid, dan itu membuat para pebalap jadi kesulitan melakukan overtaking.

Hal tersebut juga terlihat pada balapan teranyar di Monte Carlo akhir pekan lalu, di mana Carlos Sainz kesulitan melibas Sergio Perez, meski jarak keduanya cukup dekat.

Mercedes pun mengalami hal serupa di trek tersebut. Pabrikan asal Jerman itu harus rela finis di urutan kelima (George Russell) dan kedelapan (Lewis Hamilton).

Bos Mercedes, Toto Wolff, kemudian memprediksi hal ini akan berdampak buruk bagi seri GP Monako jika tidak ada perubahan desain layout trek, mengingat minimnya aksi salip menyalip disana.

“Saya pikir kami harus membuat penilaian di trek Monako. Jika sebuah mobil bisa melambat hampir lima detik dan menghentikan semua orang, itu juga memalukan untuk tontonan dan balapan itu sendiri,” kata Wolff dikutip dari Motorsport.com.

“Jadi, mungkin kami bisa mempertimbangkan perubahan layout sirkuit dan saya pikir kita bisa melakukan intervensi. Dengan cara ini kita tidak akan dihadapkan dengan prosesi, permainan strategi atau pertandingan kualifikasi,” imbuhnya.

“Saya pikir Fernando (Alonso) benar-benar memengaruhi balapan Lewis. Dia bisa bertarung dengan Lando Norris dan juga dengan George Russell, karena kecepatannya bagus untuk bertarung dengan mereka.”

“Tapi, lima detik lebih lambat dari yang di depan Anda, dalam hal ini Fernando, itu seperti balapan Formula 2.

“Kami harus mempertimbangkan aspek ini, di sini ada pertunjukan yang bisa didapatkan. Monaco adalah tempat yang bagus dan selalu menyenangkan berada di sini, tapi mungkin kami perlu mempertimbangkan desain trek,” ia menjelaskan.

“Kami tidak bisa lagi melaju dengan mobil yang lebih lambat dari lima detik yang tidak mungkin dilewati,” tegas Wolff.

Artikel Tag: Toto Wolff, Mercedes, F1 2022, gp monako

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/wolff-layout-trek-monte-carlo-perlu-diubah-demi-masa-depan-gp-monako
677  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini