Ternyata Ini Penyebab Sebastian Vettel Tinggalkan Pertemuan Pebalap

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 14 Jul 2022, 00:30 WIB
Sebastian Vettel

Sebastian Vettel

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sebastian Vettel tak senang dengan pertemuan pebalap di tiap akhir pekan balapan karena dianggap membuang waktu dan kerap membahas hal-hal kurang penting.

Nama Sebastian Vettel sedikit tercoreng setelah dikabarkan hengkang di tengah sesi pertemuan pebalap GP Austria. Meski terkesan sepele, ia dianggap telah melakukan pelanggaran serius oleh Federasi Otomotif Internasional (FIA).

Dalam Pasal 7.3 Regulasi Olahraga F1 2022, disebutkan:

“Rapat dipimpin direktur balap, akan dilaksanakan tiga jam sebelum mulai FP1 (free practice 1) dan 1,5 jam setelah akhir FP2. Yang pertama harus dihadiri semua pemimpin tim dan yang kedua, semua pebalap.”

“Jika direktur balap menganggap perlu menggelar pertemuan lain, ini akan dilakukan tiga jam sebelum balapan. Peserta akan diinformasikan tidak kurang dari tiga jam setelah akhir kualifikasi. Semua pebalap dan manajer tim harus hadir.”

FIA pun menjatuhkan denda sebesar 25 ribu euro (sekitar Rp376 juta) pada pria asal Jerman itu. Vettel kemudian menemui direktur balap Formula 1, Niels Wittich, untuk meminta maaf.

Belakangan terkuak kalau driver Aston Martin itu kesal dengan pertemuan pebalap yang kerap molor dan pembahasan sering melebar pada hal-hal kurang penting, di antaranya track limit dan syarat pit stop. Sedangkan problem lain yang mestinya diprioritaskan justru terabaikan.

“Tampaknya bagi saya, kami berkutat pada beberapa hal yang didiskusikan, dalam lup,” ujar Mick Schumacher, dikutip dari Motorsport.com.

“Butuh waktu lebih lama daripada yang diperlukan. Saya memahami keputusan Seb dan saya kira, lebih banyak pebalap lain yang merasa perlu meninggalkan pertemuan,” jelasnya.

Sementara itu Daniel Ricciardo menyebut sedikitnya waktu selama akhir pekan balapan membuat pertemuan pebalap seolah membuang waktu.

“Saya tidak mau bicara untuk Seb, tapi kadang kami harus melakukan hal-hal berbau teknik dalam jadwal. Kadang, Anda maju dan mundur untuk topik yang sama dan selalu ada diskusi tentang hal-hal sama,” ucapnya.

“Jika itu terjadi untuk waktu panjang dan tidak ada jawaban definitif, kemudian beberapa berpikir, ‘Saya harus pergi.’ Jelas bahwa Seb sedikit frustrasi dengan diskusi tersebut. Dia merasa muak dengan itu,” ia menyimpulkan.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, aston martin, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/ternyata-ini-penyebab-sebastian-vettel-tinggalkan-pertemuan-pebalap
947  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini