Sudah Finish Runner-Up, Sebastian Vettel Justru Didiskualifikasi

Penulis: Viggo Tristan
Senin 02 Agu 2021, 06:59 WIB
Sebastian Vettel terpaksa didiskualifikasi usai langgar aturan di GP Hungaria.

Sebastian Vettel harus didiskualifikasi dari GP Hungaria. (Gambar: Reuters)

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : Kabar buruk menimpa pebalap senior Aston Martin yaitu Sebastian Vettel. Ia harus rela didiskualifikasi dari F1 GP Hungaria karena melanggar aturan soal sisa bahan bakar di akhir perlombaan.

Sebastian Vettel sejatinya menunjukkan performa yang cukup bagus dalam balapan di Sirkuit Hungaroring tersebut. Tandem dari Lance Stroll itu berhasil tampil kompetitif di barisan terdepan dan finish runner-up. Vettel hanya kalah cepat dari Esteban Ocon yang secara luar biasa juga tampil sangat gesit. Meski secara statistik Vettel finish di peringkat kedua, namun semua itu harus hilang seketika saat stewards tidak menemukan cukup bahan bakar sisa di akhir balapan.

“Para Steward sudah mendengar dari perwakilan tim. Setelah balapan, ternyata tidak bisa mengambil sampel 1,0 liter bahan bakar dari mobil 5 (milik Vettel). Tim diberi beberapa kesempatan untuk mencoba mengeluarkan jumlah bahan bakar yang dibutuhkan dari tangki, namun hanya mereka hanya bisa mengoleksi 0,3 liter bahan bakar,” bunyi pernyataan resmi dari pihak Formula One.

"Mengingat situasi ini, mobil No. 5 tidak memenuhi persyaratan Pasal 6.6 Peraturan Teknis FIA. Menurut Pasal 6.6.2, pembalap harus memastikan bahwa sampel bahan bakar 1,0 liter dapat diambil dari mobil setiap saat. Prosedur telah dilakukan, namun sampel 1,0 liter bahan bakar tidak dapat diambil (dari mobil Vettel),” tutup pernyataan itu. Dengan diskualifikasi yang didapatkan Vettel, maka setiap pebalap yang berada di belakangnya berhak untuk naik satu peringkat.

Artikel Tag: Sebastian Vettel, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sudah-finish-runner-up-sebastian-vettel-justru-didiskualifikasi
455  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini