Sirkuit Yas Marina Dirombak untuk Tingkatkan Aksi Overtaking

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 09 Nov 2021, 21:20 WIB
Yas Marina, GP Abu Dhabi

Yas Marina Circuit

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Penyelenggara seri GP Abu Dhabi akhirnya merombak layout Sirkuit Yas Marina demi meningkatkan aksi overtaking antar pebalap dan membuat perlombaan lebih seru.

Setelah menerima banyak keluhan lantaran tak menyuguhkan balapan yang seru dan menarik, pengelola Sirkuit Yas Marina akhirnya mengizinkan agar trek dirombak secara besar-besaran. Usai berbulan-bulan pengerjaan, tiga area lintasan yang direnovasi kini menghasilkan trek sedikit lebih pendek, yakni sepanjang 5,28 km.

Perubahan terbesar yakni di Tikungan Marsa di akhir backstraight kedua, yang mana urutan tikungan 90 derajat telah digantikan oleh satu banking. Simulasi juga menunjukkan bahwa kecepatan mobil disana akan mencapai 240 km/jam.

Hairpin sebelum backstraight pertama juga mengalami perubahan, dengan chicane yang dihilangkan dan tikungan melebar ke sudut selebar 20 meter. Diperkirakan mobil balap Formula 1 bakal mendekati titik ini dengan kecepatan mencapai 300 km/jam.

Perubahan yang tidak terlalu mencolok juga dilakukan di kompleks hotel, di mana tikungan-tikungannya telah dibuka sedikit supaya mobil dapat saling mengikuti dengan lebih baik.

“Ini adalah momen luar biasa dalam sejarah untuk Sirkuit Yas Marina,” ucap Deputy CEO of Abu Dhabi Motorsports Management, Saif Al Noaimi.

“Ini adalah upgrade pertama ke trek sejak sirkuit pertama kali dibangun pada 2009, sejak itu mobil Formula 1, bersama dengan yang lain di armada kami, telah berevolusi dalam desain dan kinerjanya dan karena itu, kami berkomitmen untuk maju bersama untuk menawarkan pengalaman balap terbaik di seluruh event yang diadakan di sirkuit,” jelasnya.

“Perubahan ini akan memperkuat sifat kompetitif dari semua event motorsport yang diadakan, tetapi kami tentu saja sangat bersemangat untuk melihat bagaimana aksi yang tersaji dari layout sirkuit baru saat seri final bulan depan,” ia melanjutkan.

Sementara itu, Managing Director Mrk1 Consulting, Mark Hughes, mengaku senang karena perencanaan dengan Abu Dhabi Motorsports Management, berakhir dengan sangat baik.

“Sungguh menakjubkan melihat desain menjadi hidup selama beberapa bulan terakhir,” tuturnya.

“Sirkuit Yas Marina sudah menjadi salah satu trek Formula 1 paling modern dan mengesankan di dunia,” imbuh Hughes.

“Dan peningkatan ini akan memastikan penonton melihat banyak hiburan di semua disiplin motorsport, serta memberikan balap yang menggembirakan bagi mereka yang berlomba di trek,” ia mengakhiri.

Artikel Tag: gp abu dhabi, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sirkuit-yas-marina-dirombak-untuk-tingkatkan-aksi-overtaking
325  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini