Sirkuit Kyalami Berpeluang Kembali Gelar Balapan Formula 1

Penulis: Abdi Ardiansyah
Selasa 14 Jun 2022, 22:30 WIB
Sirkuit Kyalami

Sirkuit Kyalami

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Formula 1, Stefano Domenicalli, telah bertemu dengan pihak Sirkuit Kyalami tentang kemungkinan menggelar seri GP Afrika Selatan pada musim 2023.

Sebagai informasi, Afrika Selatan terakhir kali menggelar balapan Formula 1 di Sirkuit Kyalami pada 1993 silam. Lintasan tersebut diketahui sempat menjadi tuan rumah lomba jet darat dari 1967 hingga 1985, sebelum akhirnya kembali pada musim 1992.

Sebagai bagian dari ambisi Formula 1 untuk melangsungkan balapan di seluruh benua, perbincangan mengenai potensi kembalinya GP Afrika Selatan sudah lama terdengar dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah seri GP Azerbaijan berakhir, CEO dan Presiden Formula 1, Stefano Demonicali, terbang ke Afrika Selatan untuk bertemu dengan para ofisial serta pemegang saham Sirkuit Kyalami untuk membicarakan lebih lanjut soal rencana menggelar balapan di sana.

Meskipun musim 2024 diyakini menjadi waktu yang tepat, kini GP Afrika Selatan berpeluang masuk kalender balap musim depan. Namun semua tergantung hasil pembicaraan dalam beberapa minggu mendatang.

Masuknya Sirkuit Kyalami bakal menambah kalender balap musim 2023 yang padat. Kejuaraan Formula 1 siap untuk mencapai batas 24 balapan yang diberlakukan oleh Perjanjian Concorde.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton, menjadi salah satu pebalap yang sangat mendukung kembalinya Afrika Selatan ke kalender balap jet darat.

Berbicara dalam Forum Bisnis F1 yang digelar oleh oleh Motorsport Network dan Financial Times di Monako, Global Director of Race Promotion F1, Chloe Targett-Adams, menyebut balapan di Afrika telah didiskusikan oleh pihaknya dalam beberapa musim terakhir.

"Covid-19 telah membuktikan bahwa kami balapan dengan cepat, tapi kami ingin membangun olahraga dan basis fan yang solid. Ini membutuhkan waktu dan proses yang lama," ucapnya dikutip dari Motorsport.com.

"Amerika Serikat jelas masih berada di bawah pantauan kami. Afrika dan Asia saya pikir menjadi benua yang perlu kami berikan perhatian lebih,” ia menambahkan.

"Jika Anda melihat Cina dengan pandemi yang masih berlangsung, kami sudah meninggalkan pasar di sana mungkin sekitar tiga tahun. Pertanyaannya mungkin mengenai tahun depan.”

"Afrika dan Asia jadi fokus kami untuk jangka pendek hingga menengah, lalu bagaimana seri-seri di Eropa, itu juga jadi pertanyaan besar. Kami akan tetap mempertahankan Eropa demi kelangsungan olahraga ini.”

"Ini adalah posisi yang luar biasa, karena semua orang menginginkan balapan. Itu memberi kami kesempatan terbaik untuk membuat kalender yang paling fokus secara strategis, dan didorong oleh pertumbuhan yang telah kami lakukan selama bertahun-tahun,” tutupnya.

Artikel Tag: Sirkuit Kyalami, GP Afrika Selatan, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sirkuit-kyalami-berpeluang-kembali-gelar-balapan-formula-1
525  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini