Sergio Perez Tak Setuju Atlet Rusia Dilarang Berkompetisi

Penulis: Abdi Ardiansyah
Jumat 11 Mar 2022, 17:30 WIB
Sergio Perez

Sergio Perez

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Sergio Perez prihatin dengan para atlet Rusia karena mereka harus menanggung konsekuensi atas invasi militer yang dilakukan negaranya terhadap Ukraina.

Sejak Rusia melakukan invasi militer ke Ukraina beberapa waktu lalu, negara-negara di dunia mulai menjatuhkan sanksi terhadap negeri beruang merah hingga merambah ke bidang olahraga.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) pun menyarankan seluruh federasi olahraga dunia agar tak mengundang atau mengizinkan atlet serta ofisial asal Rusia dan Belarus untuk berpartisipasi dalam kejuaraan atau kompetisi internasional.

Namun Federasi Otomotif Internasional (FIA) justru memilih untuk tidak melakukannya. Sebaliknya, mereka membuat syarat-syarat bagi pebalap Rusia dan Belarus, salah satunya yakni tampil netral jika ingin tetap berlomba.

Salah satu pebalap Formula 1, Sergio Perez, lantas memberikan komentarnya mengenai konsekuensi yang harus diterima oleh atlet negara tersebut.

“Para atlet Rusia sekarang membayar mahal (akibat konflik yang terjadi di Ukraina) dalam arti tertentu,” ujarnya dilansir dari Marca.

“Saya tidak setuju (dengan pelarangan atlet berkompetisi), karena menurut saya seorang atlet tidak bisa dimintai pertanggungjawaban atas apa yang dilakukan oleh presidennya,” ia mengimbuhkan.

Tetapi selang beberapa hari kemudian setelah FIA mengelurkan pernyataan, Haas malah memutuskan untuk mendepak Nikita Mazepin dan mengakhiri kontrak secara sepihak dengan sponsor utama mereka yang merupakan perusahaan asal Rusia, Uralkali.

“Ini masalah sulit dan sangat sensitif, tetapi yang utama mayoritas orang Rusia tidak setuju dengan yang terjadi. Banyak atlet (Rusia) telah menentang apa yang dilakukan pemipin mereka. Sayangnya, tetap ada konsekuensi,” kata Perez.

Mazepin juga sempat mengungkap kekecewaannya terhadap keputusan Haas. Pebalap berusia 23 tahun itu mengklaim bahwa mereka benar-benar tak peduli meski ia bersedia untuk mematuhi semua pedoman yang dikeluarkan oleh FIA.

“Tim mengatakan kepada saya bahwa jika FIA mengizinkan, maka tak akan ada masalah dalam tes Barcelona. Saya tidak dengar apa pun dari tim bahwa ini akan terjadi,” ujar Mazepin.

“Saya mengetahui telah dipecat bersamaan dengan pers. Tidak ada yang siap dengan ini, mereka bahkan tak memberi petunjuk apa pun, tidak ada dukungan.”

“Tidak ada alasan hukum untuk tim memutus kontrak sejak FIA mengizinkan kami balapan dengan bendera netral. Saya setuju menjadi netral dan ingin tanda tangan suratnya, tetapi mereka bahkan tidak memberi waktu,” tutupnya.

Artikel Tag: Sergio Perez, Nikita Mazepin, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/sergio-perez-tak-setuju-atlet-rusia-dilarang-berkompetisi
696  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini