Protes Mercedes Ditolak FIA, Max Verstappen Tetap Juara F1 2021

Penulis: Viggo Tristan
Senin 13 Des 2021, 06:36 WIB
Max Verstappen tetap jadi kampiun usai protes Mercedes ditolak oleh FIA.

Max Verstappen tetap juara dunia usai FIA tolak protes Mercedes. (Gambar: US Post)

Ligaolahraga.com -

Berita F1 : FIA telah resmi menolak protes yang dilayangkan Mercedes soal insiden di F1 GP Abu Dhabi. Dengan penolakan itu, artinya Max Verstappen tetap dinyatakan sebagai juara dunia musim 2021 kali ini.

Setelah balapan di Sirkuit Yas Marina usai, Mercedes memang melayangkan dua protes kepada FIA terkait keputusan mereka di putaran-putaran akhir. Pertama, Mercedes protes karena para backmarker diperbolehkan menyalip safety car padahal sebelumnya steward sendiri yang melarang aksi tersebut. Kedua, Mercedes juga merasa bahwa Verstappen sedikit menyalip Hamilton ketika safety car belum sepenuhnya masuk pit lane. Hal ini merupakan larangan yang sudah tertulis di aturan resmi.

Sayangnya, protes tersebut masih belum bisa menggoyahkan keputusan dari FIA. FIA telah menolak dua protes Mercedes sekaligus yang membuat Max Verstappen tetap dinobatkan sebagai kampiun.

"Meskipun demikian, permintaan Mercedes agar Steward memperbaiki masalah ini dengan mengubah klasifikasi untuk mencerminkan posisi pada dua lap tersisa, ini adalah langkah yang diyakini Steward secara efektif memperpendek balapan secara retrospektif, dan karenanya tidak sesuai. Dengan demikian, Protes ditolak," bunyi pernyataan resmi dari FIA.

Mercedes memang dibuat kecewa karena keputusan aneh FIA di putaran-putaran akhir. Keputusan itu membuat mimpi Hamilton untuk meraih gelar kedelapan harus pupus begitu saja. Ban hard yang dipakai Hamilton selama 40 putaran lebih membuatnya dapat disalip dengan mudah oleh Verstappen.

Artikel Tag: Max Verstappen, f1

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/protes-mercedes-ditolak-fia-max-verstappen-tetap-juara-f1-2021
533  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini