Pitstop Cepat Membawa Hamilton Taklukan Pesaingnya di GP Inggris

Penulis: Tatankjuventino
Minggu 05 Jul 2015, 21:36 WIB
Pitstop Cepat Membawa Hamilton Taklukan Pesaingnya di GP Inggris

Kemenangan Lewis Hamilton yang kelima di GP Inggris (foto: theguardian)

Ligaolahraga.com -

Juara dunia tahun lalu, Lewis Hamilton, menjadi juara di Sirkuit Silverstone setelah mengatasi perlawanan dari dua pebalap Williams yang sempat tampil mengejutkan di awal-awal balapan 

SILVERSTONE, LIGAOLAHRAGA.COM.- Rosberg pebalap yang mendapatkan podium kedua, terpaut waktu 10,9 detik dari Hamilton. Rosberg yang merebut tempat kedua dari tangan Felipe Massa di putaran ke-27 tak pernah memberikan tekanan kepada Hamilton yang berjarak terlalu jauh dari rekan setimnya di Mercedes tersebut.

Kemenangan ini adalah yang kelima untuk Hamilton di GP Inggris, kemenangan kelima untuk musim ini, dan juga kemenangan ke-38 sepanjang kariernya. Hamilton juga mencatatkan sebagai pebalap Inggris pertama yang memenangi GP Silverstone dua tahun berturut-turut sejak David Coulthard melakukannya pada 1999/200 silam. 

Pebalap Williams, Massa dan Valtteri Bottas, sebenarnya sempat tampil mengejutkan di awal-awal balapan dengan merebut posisi 1-2 sejak putaran keempat. 
Hingga putaran ke-15, keduanya juga masih memimpin dan Bottas menerima perintah radio bahwa ia tidak boleh menyusul Massa.

Tak lama berselang balapan kemudian ditentukan oleh pitstop. Hamilton yang mengambil pitstop di putaran ke-20 hanya membutuhkan waktu 2,4 detik. Lalu, ketika Massa dan Rosberg mengambil pitstop di putaran selanjutnya, Hamilton mengambil alih kendali dengan Massa yang menghabiskan waktu 3,8 detik untuk pitstop.

Setelah itu, pesan radio menginstruksikan agar kedua pebalap Williams bertarung dengan adil. Rosberg, yang pada putaran ke-25 berada di peringkat keempat di belakang Hamilton, Massa, dan Bottas, juga diminta tim Mercedes untuk memberikan kemampuan terbaiknya.

Setelah sempat terjadi pertukaran posisi antara Massa, Rosberg, dan Bottas, pebalap asal Jerman itu kemudian mengamankan posisi dua. 
Tim Hamilton kemudian membuat keputusan tepat dengan menarik Hamilton masuk ke pit untuk mengganti ban saat mempersiapkan diri menghadapi hujan. Tepat ketika Hamilton keluar dari lintasan pit, hujan pun turun.
Rosberg yang baru mengganti ban satu putaran setelahnya lalu kehilangan banyak waktu dari Hamilton sehingga di akhir balapan selisih waktu mencapai 10 detik lebih dengan rekan setimnya tersebut.

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/pitstop-cepat-membawa-hamilton-taklukan-pesaingnya-di-gp-inggris
600  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini