Nikita Mazepin Tidak Diperbolehkan Bawa Bendera Rusia di Ajang F1

Penulis: Senja Hanan
Senin 08 Feb 2021, 17:04 WIB
Pebalap Haas, Nikita Mazepin.

Pebalap Haas, Nikita Mazepin.

Berita F1: Berita F1: Pebalap Haas, Nikita Mazepin tidak akan diizinkan untuk balapan di bawah bendera negaranya yang merupakan imbas hukuman dari Badan Anti-Doping ke Rusia yang juga dijalankan oleh FIA.

Sebagaimana dikabarkan Crash, Mazepin dan seluruh atlet Rusia yang tampil di seluruh turnamen di bahwa naungan Federasi Otomobil Internasional (FIA) seperti F1, Formula E, dan World Endurance Championship, dilarang tampil mengatasnamakan wakil Rusia.

Itu berarti Mazepin tak bisa membawa bendera Rusia ketika ia berada di podium juara. Juga, pembalap putra investor asal Rusia yang berinvetasi di Haas, Dmitry Mazepin, tersebut tak boleh menyematkan atribut Rusia dan kata Rusia atau warga Rusia dalam seluruh penampilannya.

Sanksi ini merupakan imbas keputusan Pengadilan Arbitrase Internasional yang menjatuhkan larangan bertanding kepada seluruh atlet Rusia selama dua tahun pada Desember lalu. Sanksi ini sebenarnya dikurangi dua tahun dari larangan semula selama dua tahun.

Selain di arena balapan, hukuman tersebut juga mencegah bendera Rusia berkibar di dua perhelatan olahraga terbesar dalam dua tahun ke depan, yakni Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 yang dihelat pada Juli-Agustus mendatang serta Piala Dunia 2022 di Qatar.

Adapun Mazepin merupakan satu-satunya pembalap asal Rusia yang akan melintas di arena F1 pada musim mendatang. Ia membalap untuk Haas bersama putra legenda F1 Michael Schumacher, Mick Schumacher.

Di luar itu, keberadaan Nikita Mazepin di musim perdananya di F1 berada di bawah pengawasan yang menekan. Situasi itu terjadi sejak Mazepin memuat video meraba dada seorang wanita di akun media sosialnya pada Desember tahun lalu.

Haas sendiri mengecam hal tersebut dan mengambil tindakan internal terhadap Mazepin. Belakang, Haas memutuskan mempertahankan Mazepin dan bos tim yang bermarkas di North Carolina, Amerika Serikat, itu, Guenther Steiner, secara terbuka mengatakan memilih Mazepin karena kekuatan uang ayahnya.

Sementara itu, bos baru F1, Stefano Domenicali, mengatakan bahwa apa yang dilakukan Mazepin tidak bisa diterima.  Domenicali menganggap Mazepin sudah seharusnya memahami apa yang boleh dan tidak boleh dilakukannya secara otomatis ketika ia mendapatkan tempat di salah satu kursi pembalap F1.

Artikel Tag: Nikita Mazepin, f1

1123  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini