Nelson Piquet Terancam Hukuman Akibat Komentar Rasis ke Hamilton

Penulis: Senja Hanan
Rabu 29 Jun 2022, 18:40 WIB
Mantan pebalap F1, Nelson Piquet. (Images: Getty)

Mantan pebalap F1, Nelson Piquet. (Images: Getty)

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Nelson Piquet terancam hukuman berat. Pasalnya, pebalap yang tiga kali menjadi juara dunia tersebut mengeluarkan komentar berbau rasis kepada Lewis Hamilton.

Piquet telah dikutuk menyusul pernyataan rasisnya terhadap Lewis Hamilton dalam sebuah wawancara pada November 2021.

Komentar itu muncul setelah Hamilton bertabrakan dengan Max Verstappen - yang menjalin hubungan dengan putri Piquet, Kelly - di Grand Prix Inggris 2021.

Piquet mengkritik pengemudi Inggris, sementara juga menyebutnya dengan nama rasis dalam bahasa Portugal.

Hamilton sejak itu menanggapi di media sosial dengan serangkaian tweet dan F1 telah merilis pernyataan sebagai tanggapan atas komentar Piquet.

Piquet—yang putrinya, Kelly, menjalin hubungan dengan Max Verstappen dari Red Bull—telah dikecam secara luas karena komentarnya dalam sebuah wawancara tahun 2021. Selama klip audio, juara dunia tiga kali itu terdengar memanggil Hamilton "neguinho" (julukan yang diterjemahkan menjadi 'n****r').

"N****r menempatkan mobil di jalan yang salah dan tidak membiarkan [pengemudi lain berbelok]," kata pria berusia 69 tahun itu dalam bahasa Portugis saat menggambarkan bentrokan antara Hamilton dan Verstappen tahun lalu.

"N****r menempatkan mobil di jalan yang salah di tikungan, itu karena Anda tidak tahu tikungannya.

“Ini tikungan yang sangat tinggi, tidak ada cara untuk melewati dua mobil dan tidak mungkin Anda bisa mengesampingkan mobil. Dia melakukan [Verstappen] kotor. Keberuntungannya adalah hanya satu yang hilang.”

The Sun melaporkan Nelson Piquet bisa menghadapi larangan seumur hidup dari olahraga di mana ia dinobatkan sebagai juara dunia pada tahun 1981, 1983 dan 1987.

Pebalap Ferrari, Charles Leclerc adalah salah satu yang pertama menunjukkan dukungannya untuk Hamilton dan mengatakan F1 harus "menghapus perilaku diskriminatif dan bahasa rasis dalam bentuk apa pun."

Artikel Tag: Nelson Piquet, Lewis Hamilton, F`

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/nelson-piquet-terancam-hukuman-akibat-komentar-rasis-ke-hamilton
739  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini