Max Verstappen Disebut-sebut Bisa Stres Jika Terus Dapat Tekanan

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 07 Des 2023, 16:55 WIB
Max Verstappen, Charles Leclerc

Max Verstappen dan Charles Leclerc

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Bos Ferrari, Frederic Vasseur, meyakini Max Verstappen bakal membuat kesalahan saat balapan ketika mentalnya berhasil diserang oleh para rivalnya.

Ferrari diketahui menutup kejuaraan F1 2023 di peringkat ketiga klasemen konstruktor. Sementara itu dua pebalapnya, Charles Leclec dan Carlos Sainz, mengamankan peringkat kelima dan ketujuh klasemen pebalap.

Sang Kuda Jingkrak beberapa kali memberikan tekanan pada Red Bull Racing di sepanjang musim ini, namun tak terlalu intens. Max Verstappen memenangi 19 dari total 22 Grand Prix yang digelar sepanjang F1 2023. Dua kemenangan direbut oleh rekan setimnya sendiri, Sergio Perez, dan satu kemenangan lainnya didapat oleh Carlos Sainz dari Ferrari.

Verstappen secara mengagumkan berhasil melewati kejuaraan tahun ini tanpa mengalami kerusakan pada mobil RB19 andalannya, meskipun ia sempat bertubrukan dengan George Russell (Mercedes) di GP Las Vegas.

"Saya pikir tidak yakin ada orang yang meragukan hal ini, dia (Verstappen) menjalani musim yang luar biasa," puji Prinsipal Ferrari, Frederic Vasseur, dikutip dari Motorsport.com.

"Dia bertarung dengan Checo (Perez) di dua atau tiga balapan pertama dan kemudian dia berada di planet lain. Jelas, dia tidak melakukan kesalahan sepanjang musim, dan ketika dia kesulitan di kualifikasi, seperti di Jeddah, itu karena masalah mekanis. Kemudian, ia selalu ada di sana, selalu melakukan start dengan baik, tidak ada kontak. Satu-satunya adalah di Vegas,” ia melanjutkan.

"Tapi, saya pikir kami makin dekat dengannya. Saya tidak ingin mengatakan membuatnya di bawah tekanan karena itu tidak benar, (di Abu Dhabi) ia tidak berada di bawah tekanan. Namun, ia sedikit lebih tertekan dibandingkan saat di Zandvoort, atau di beberapa ajang lain ketika ia terbang (melesat),” imbuh pria asal Pancis itu.

Vasseur lalu menekankan bahwa meskipun Ferrari tampil perkasa pada balapan-balapan terakhir F1 2023, pabrikan asal Maranello memberikan perlawanan yang kurang signifikan kepada Verstappen.

Ia pun percaya suatu saat sang juara bertahan bisa membuat kesalahan jika ditekan terus menerus oleh para rivalnya.

"Tidak ada keraguan tentang fakta bahwa ia mendominasi sepanjang musim. Dan satu-satunya masalah bagi kami adalah, seperti semua orang, dia akan melakukan lebih banyak kesalahan ketika dia berada di bawah tekanan,” kata Vasseur.

"Tapi tidak ada yang bisa membuatnya berada di bawah tekanan musim ini kecuali kami di dua atau tiga ajang terakhir, atau kecuali Carlos di Singapura. Dan di situlah, ia mulai melakukan beberapa kesalahan, atau mungkin Red Bull melakukan beberapa kesalahan dalam hal set-up. Kami terlalu jauh untuk memberikan tekanan seperti ini kepada mereka,” tutupnya.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull, Ferrari, F1 2023, frederic vasseur

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-disebut-sebut-bisa-stres-jika-terus-dapat-tekanan
467  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini