Max Verstappen Diragukan Mampu Ungguli Kecepatan Hamilton di Sisa Musim

Penulis: Abdi Ardiansyah
Rabu 13 Okt 2021, 23:10 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Eks pebalap F1, Mark Webber, mengaku tak yakin kecepatan yang dimiliki Max Verstappen saat ini bisa menggungguli Lewis Hamilton dalam enam seri yang tersisa.

Sebagai salah satu pebalap yang cukup lama berkarier cukup lama di ajang Formula 1, Mark Webber tentunya memahami betul tentang persaingan sengit dalam perebutan titel juara. Seperti yang dialami oleh Max Verstappen dan Lewis Hamilton sepanjang musim ini.

Berkat finis keduanya di GP Turki akhir pekan lalu, Verstappen berhasil menggusur Hamilton dari puncakl klasemen sementara pebalap. Pebalap asal Belanda itu kini unggul enam poin atas juara dunia F1 tujuh kali tersebut.

Namun, jika melihat situasi dan hasil pada beberapa balapan terakhir, Webber tak yakin kecepatan mobil Red Bull RB16B geberan Verstappen mampu menandingi mobil Mercedes W12 milik Hamilton.

“Saya agak khawatir soal Max Verstappen. Mengacu beberapa balapan terakhir, Anda pasti bertanya apakah ia akan mendapatkan mobil yang cukup cepat untuk mengalahkan Lewis Hamilton dan Mercedes?” ucap Webber dikutip dari Motorsport.com.

Sampai gelaran GP Turki, secara keseluruhan Max Verstappen sudah memenangi tujuh balapan. Meskipun kemenangannya di seri GP Belgia, sama sekali tak membanggakan karena hanya berlangsung satu lap. ia juga sudah lima kali finis di podium kedua.

Sementara itu Lewis Hamilton baru merengkuh lima kemenangan dan enam finis podium lainnya (P2 empat kali dan sekali P3).

Untuk pole position di kejuaraan F1 2021, Verstappen kembali unggul atas Hamilton, 8-3. Demikian pula untuk total putaran saat memimpin perlombaan: Verstappen 469 dan Hamilton hanya 133. Sedangkan untuk fastest lap, keduanya sama-sama telah melakukannya sebanyak empat kali.

F1 2021 kini tinggal menyisakan enam balapan saja dan keunggulan Verstappen atas Hamilton hanya enam angka. Tetapi, dengan gap sekecil itu, segala kemungkinan masih bisa terjadi.

“Sebelum lomba GP Turki lalu, saya mengira Max bisa lebih dekat dengan Valtteri (Bottas, pebalap Mercedes yang akhirnya memenangi balapan) dalam kondisi trek seperti itu (hujan),” tutur pria asal Australia itu.

“Namun, faktanya Verstappen tidak mampu menandingi kecepatan Bottas di atas Mercedes F1 W12,” imbuhnya.

Menurut Webber, Mercedes kini terbukti memiliki mobil yang jauh lebih cepat baik saat melibas trek kering maupun basah.

“Red Bull Racing harus bereaksi. Saya tidak tahu bagaimana Mercedes melakukannya. Entah dengan mengoptimalkan mesin atau mengembangkan aerodinamika. Pastinya, mereka kini selangkah lebih maju,” ia menjelaskan.

“Saya tahu Verstappen sudah berusaha keras. Ia turun sangat bagus di Rusia. Karena itulah saya sebelumnya mengira ia mampu finis lebih baik daripada podium kedua di Turki,” tukasnya.

Artikel Tag: Red Bull Racing, F1 2021, Max Verstappen

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-diragukan-mampu-ungguli-kecepatan-hamilton-di-sisa-musim
486  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini