Max Verstappen Bakal Start dengan Ban Lunak di GP Hungaria

Penulis: Abdi Ardiansyah
Minggu 01 Agu 2021, 15:40 WIB
Max Verstappen

Max Verstappen

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Max Verstappen berencana untuk menggunakan ban lunak pada awal balapan GP Hungaria agar dapat memangkas jarak dengan Hamilton yang start dari urutan pertama.

Max Verstappen bakal menghadapi tantangan berat di balapan utama GP Hungaria hari ini. Pebalap asal Belanda itu akan start dari grid ketiga, di belakang duo Mercedes, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas. Hamilton bakal start dari posisi terdepan, sedangkan tandemannya dari grid kedua.

Mobil W12 milik keduanya juga akan memulai balapan dengan memakai ban medium. Sementara Verstappen bakal menggunakan ban lunak. Mobil Red Bull RB16B geberan rekan setimnya, Sergio Perez juga menggunakan ban yang sama dan start dari grid keempat. 

Dengan komposisi start seperti itu, Bottas sudah pasti bakal melindungi Hamilton dari sergapan Max Verstappen. Tetapi, pebalap berusia 23 tahun itu mengaku memiliki pandangan tersendiri terkait strategi yang akan dipakainya nanti.

“Grip ban lunak sangat tinggi. Tetapi, sepertinya di Hungaroring nanti aspal akan sangat panas. Jadi, secara teori ban soft tidak akan bertahan lama seperti ban medium. Kendati begitu, kondsi ini menjadi kesempatan bagus bagi kami saat start,” ujar Verstappen dikutip dari Motorsport.com.

Dengan strategi agresif seperti itu, duel sengit antara Verstappen dengan Hamilton seperti yang terjadi di Silverstone dua pekan lalu diyakini bakal kembali terjadi.

Lebih jauh, Verstappen mengakui bahwa dirinya memang sedikit tertinggal dari Mercedes dari sesi-sesi yang sudah dilangsungkan sebelumya di GP Hungaria.

“Jelas hasil seperti ini bukan yang kami inginkan. Tetapi, kami masih di posisi ketiga. Kami akan melihat seperti apa performa ban nanti serta yang bisa kami lakukan saat lomba,” jelasnya.

Hasil kualifikasi GP Hungaria menjadi indikasi bila Mercedes dan Red Bull Racing akan beradu strategi menyusul perbedaan jenis ban yang bakal mereka gunakan di balapan utama. Pabrikan asal Austria itu pun membeberkan alasan mereka memilih menggunakan ban lunak saat kualifikasi kedua (Q2) pada Sabtu (31/7).

“Kami melihat tim-tim lain mampu membuat waktu lap cepat dengan ban lunak, termasuk para pebalap Mercedes. Sementara, waktu lap saya dengan ban medium selalu hampir di ujung 10 besar. Itulah mengapa kami memilih finis Q2 dengan ban lunak,” kata Verstappen.

Setelah mengalami insiden senggolan dengan Hamilton yang membuatnya gagal finis di GP Inggris, Verstappen memang masih tetap memimpin kejuaraan. Tetapi, menjelang GP Hungaria, ia hanya unggul delapan poin atas pebalap asal Inggris tersebut di P2.

Artikel Tag: Max Verstappen, Red Bull Racing, F1 2021, GP Hungaria

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/max-verstappen-bakal-start-dengan-ban-lunak-di-gp-hungaria
326  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini