Lewis Hamilton: Kecelakaan yang Dialami Grosjean Mengerikan

Penulis: Senja Hanan
Senin 30 Nov 2020, 14:37 WIB
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton. (Images: Getty)

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton. (Images: Getty)

Berita F1: Romain Grosjean mengalami kecelakaan parah saat balapan di F1 GP Bahrain. Pebalap andalan Mercedes, Lewis Hamilton memberikan komentar terkait kecelakaan yang dialami oleh pebalap tim Haas itu.

"Itu gambar yang sangat mengejutkan dilihat. Ketika saya masuk ke mobil, saya tahu saya mengambil resiko. Tapi itu mengerikan," kata Lewis Hamilton.

"Saya sangat bersyukur halo bekerja. Bisa saja lebih parah. Ini menjadi pengingat bagi para pemirsa, ini adalah olahraga yang berbahaya," sambungnya. "Luar biasa pekerjaan yang Formula 1 dan FIA telah lakukan untuk membuat ini lebih aman," lanjutnya.

Dalam balapan yang berlangsung di Sirkuit Sakhir, Minggu (29/11) malam WIB, belum genap satu putaran, balapan harus dihentikan menyusul insiden kecelakaan mobil Grosejan di Tikungan 3.

Dibantu para marshal yang sigap memadamkan api, Grosjean mampu meloloskan diri dari mobilnya yang terbakar dan pada akhirnya mendapat penanganan medis karena mengalami luka bakar ringan di tangan pergelangan kakinya.

Rekaman ulang menunjukkan Grosjean bersenggolan dengan mobil AlphaTauri Daniil Kvyat sehingga tergelincir dalam kecepatan tinggi. Setelah menabrak pagar pembatas, mobil Haas tersebut mengalami kerusakan parah dan kemungkinan kebocoran bahan bakar menjadi penyebab kebakaran tersebut.

Balapan ditunda selama satu jam 20 menit karena insiden tersebut. Start diulang setelah pagar pembatas yang rusak diperbaiki dengan Hamilton, kembali start dari pole position, di depan Max Verstappen.

Namun tak lama setelah restart, Safety Car dikeluarkan menyusul insiden terbaliknya mobil Racing Point Lance Stroll setelah terlibat senggolan dengan, lagi-lagi, mobil AlphaTauri Daniil Kvyat.

Bottas menggunakan kesempatan itu untuk pitstop berganti ban hard setelah mendapati kebocoran di ban yang ia gunakan. Kvyat akhirnya diganjar penalti sepuluh detik menyusul insiden dengan Stroll setelah restart di Tikungan 8.

Demi mengalahkan Mercedes, Red Bull berupaya melakukan undercut dengan memasukkan Verstappen untuk pitstop kedua kalinya di lap ke-34 dan berganti ke ban hard, namun pitstop yang lamban membuat sang pebalap Belanda kehilangan banyak waktu, memupuskan harapannya mengalahkan Hamilton.

Artikel Tag: Romain Grosjean, Lewis Hamilton

669  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini