Lando Norris Bisa Pertahankan Posisinya di Klasemen Jika Lakukan Ini

Penulis: Abdi Ardiansyah
Kamis 29 Jul 2021, 22:10 WIB
Lando Norris

Lando Norris

Ligaolahraga.com -

Berita F1: F1 2021 menjadi musim terbaik bagi Lando Norris selama berkarier di ajang kelas premier, kini ia sedang berusaha untuk mempertahankan posisinya di klasemen.

Saat masih menjadi rekan Carlos Sainz di McLaren, Lando Norris cenderung dipandang sebelah mata oleh para rivalnya. Selama dua musim bertandem, posisi pebalap asal Inggris itu memang kerap berada di bawah Sainz. Ia bertengger di antara peringkat ke-11 dan 9 di klasemen, sementara rekan setimnya itu stabil di enam besar.

Setelah Sainz hengkang ke Ferrari, maka Norris otomatis menjadi ‘senior’ di dalam timnya. Meski McLaren merekrut Daniel Ricciardo yang sudah lebih lama berkarier di F1, tampaknya hierarki tak berubah.

Pada sepuluh balapan yang telah bergulir musim ini, pebalap berusia 21 tahun tersebut selalu lolos ke kualifikasi ketiga. Sementara itu Ricciardo hanya bisa mencapai fase yang sama sebanyak lima kali dari 10 percobaan. Ia bahkan pernah tereliminasi dari Q1.

Lando Norris pun kian melesat setelah menapaki tangga podium ketiga di GP Emilia Romagna, GP Monako dan GP Austria. Hebatnya, ia menjadi pebalap yang paling konsisten mendulang poin sepanjang seri 2021, dengan total 113 poin. Sedangkan Ricciardo baru mampu mengumpulkan setengah dari total poin milik Norris.

Pada balapan terakhir di Silverstone, ia finis di urutan keempat dan berhasil menduduki tiga besar klasemen. Bahkan bos McLaren, Andreas Seidl, terkejut dengan torehan pebalapnya itu karena merasa mobil MCL35M masih kalah jauh dengan mobil milik Mercedes serta Red Bull.

“Apakah ini target realistis (untuk Norris bertahan di P3), sulit dikatakan karena mobil Red Bull dan Mercedes jauh lebih baik. Valtteri (Bottas) dan Checo (Perez) pun menunjukkan balapan yang hebat tahun ini dan lebih baik daripada sebelumnya,” tutur Seidl.

Norris pun diyakini bisa mempertahankan pencapaiannya tersebut jika dapat mengontrol gaya balap agresifnya. Ia memang kerap melakukan hal-hal yang berisiko untuk mempertahankan posisinya saat balapan seperti memepet mobil rivalnya. Selain itu, mempelajari cara memanajemen ban juga dipercaya dapat mendongkrak performanya.

Artikel Tag: lando norris, McLaren, F1 2021

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/lando-norris-bisa-pertahankan-posisinya-di-klasemen-jika-lakukan-ini
415  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini