Jadi Pebalap F1 Tertua, Fernando Alonso Justru Merasa Bangga

Penulis: Abdi Ardiansyah
Senin 17 Jan 2022, 03:10 WIB
Fernando Alonso

Fernando Alonso

Ligaolahraga.com -

Berita F1: Fernando Alonso mengaku bangga menjadi pebalap F1 tertua saat ini sebab ia punya banyak pengalaman yang bisa mengantarkannya meraih kesuksesan di musim 2022.

Fernando Alonso diketahui telah menginjak usia 40 tahun. Dengan keputusan Kimi Raikkonen untuk gantung helm, maka pria asal Spanyol itu menjadi pebalap tertua di grid Formula 1, diikuti oleh Lewis Hamilton yang kini berusia 37 tahun.

Ia memulai kariernya di kelas utama bersama Minardi pada 2001. Alonso sempat absen di musim 2002 karena menjalankan peran sebagai pebalap penguji Renault. Dirinya juga pernah menepi selama dua musim pada 2019-2020 sebelum akhirnya comeback bersama Alpine di musim 2021.

Ketika tak aktif di ajang Formula 1, rekan setim Esteban Ocon itu mengembara di World Endurance Championship (WEC) bersama Toyota. Bahkan, Alonso turut berpartisipasi dalam kejuaraan Reli Dakar.

“Dari segi usia, saya merasa baik-baik saja, jujur saya merasakan keuntungan,” ucap Alonso dikutip dari Motorsport.com.

“Ketika saya datang ke sebuah sirkuit, saya mengenal sirkuitnya. Sekarang semua orang menguji ban 18 inci ini, dan saya tahu betul ban ini dari WEC,” ia mengimbuhkan.

“Ada perilaku yang persis sama pada ban, dan cara yang sama Anda harus mengelola ban, yang sangat berbeda,” lanjutnya.

“Jadi, semua hal yang saya hadapi, bagi orang lain untuk pertama kalinya, dan bagi saya itu adalah kedua atau ketiga kalinya. Ini hal bagus,” tutur Alonso.

Fernando Alonso lantas mengakui bahwa untuk terus tampil di kelas teratas dibutuhkan pengorbanan, apalagi jadwal balapan saat ini sangatlah padat.

“Satu-satunya masalah untuk menjadi lebih tua adalah Anda harus memiliki motivasi untuk memasuki musim di mana Anda akan berjarak 300 hari per tahun,” katanya.

“Anda harus memiliki keinginan itu. Anda harus memiliki gaya hidup yang memungkinkan Anda mendedikasikan diri untuk olahraga ini,” ia menjelaskan.

“Selain itu, semua hal lain adalah keuntungan. Jadi, karena saya dalam momen, saya ingin mendedikasikan untuk F1. Itu fantastis, saya hanya melihat keuntungan,” tambah Alonso.

“Dan kemudian, secara fisik, saya kira mobil-mobil saat ini tidak terlalu menuntut,” tutupnya.

Artikel Tag: Fernando Alonso, Alpine, F1 2022

Published by Ligaolahraga.com at https://www.ligaolahraga.com/f1/jadi-pebalap-f1-tertua-fernando-alonso-justru-merasa-bangga
422  
Komentar

Terima kasih. Komentar Anda sudah disimpan dan menunggu moderasi.

Nama
Email
Komentar
160 karakter tersisa

Belum ada komentar.

Jadilah yang pertama berkomentar disini